Mei 2017, Prodi Administrasi Bisnis Sudah Akreditasi B

Bupati Kutai Barat, FX Yapan SH, menyerahkan tanda penghargaan kepada Abdul Wahid Ramadan, Mahasiswa Politeknik Sendawar pada Jurusan Administrasi Bisnis yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif terbaik 3,90. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Untuk ke 10 kalinya, Politeknik Sendawar melaksanakan wisuda bagi 100 mahasiswanya, Kamis 26/10/2017 siang tadi. Yakni Diploma III Program Studi Mesin Otomotif 10 orang, Teknik Sipil 27 dan Administrasi Bisnis 63. Mereka resmi menyandang gelar D3, usai Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Pengukuhan Wisudawan/Wisudawati di BPU Tanaa Purai Ngeriman, Kompleks Perkantoran Bupati Kubar.

Dari 3 Prodi tersebut, terpilih masing-masing sebagai Mahasiswa Terbaik dengan raihan Indeks Prestasi Kumulatif terbaik. Yaitu Nikeliansyah Jurusan Mesin Otomotif (IPK 3,36), Monika Mayung di Jurusan Teknik Sipil (IPK 3,30), dan di Jurusan Administrasi Bisnis dengan IPK 3,90 adalah Abdul Wahid Ramadan.

“Mei 2017 tadi, Prodi Administrasi Bisnis Polsen sudah terakreditasi B. Sedangkan Teknik Sipil dan Mesin Otomotif dalam proses menjadi Akreditasi B,” ungkap Direktur Polsen, Deansius ST, saat menyampaikan laporan.

Ia menambahkan, berdasarkan peringkat Perguruan Tinggi tahun 2017, Polsen masuk peringkat 57 dari 3.344 PT se-Indonesia. Saat ini sudah diterapkan pola 70 persen praktek dan 30 persen teori, dari yang sebelumnya 60-40. “Target kita, tahun 2025 Polsen bisa menjadi PT yang unggul di Indonesia,” kata Deansius.

Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Drs Yacob Tullur MM, menyerahkan tanda penghargaan kepada Monika Mayung di Jurusan Teknik Sipil dengan IPK 3,30. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Berterimakasih atas dukungan para dosen dan seluruh civitas, Wisudawan Terbaik berharap Polsen menjadi Politeknik yang handal di masa mendatang. “Momentum setelah kita diwisuda, yaitu harus bisa membangun di sekeliking kita. Jangan sampai kita menyia-nyiakan apa yang sudah didapatkan dari Polsen,” kata Abdul Wahid Ramadan.

Ketua Yayasan Politeknik Sendawar Sakti, Yan Sinyal mengatakan, dapat peringkat 57 se-Indonesia, suatu prestasi yang diraih atas kerja sama semua pihak di Polsen. Juga atas dukungan pendanaan dari FX Yapan, sejak menjabat Ketua DPRD Kubar dan kala Polsen baru berdiri di tahun 2005. “Ke depan D3 ini bisa ditingkatkan menjadi D4, termasuk penambahan jurusan seperti bidang kesehatan dan lainnya,” pesannya.

Sedangkan Koordinator Kopertis Wilayah XI, Drs H Imam Suharto, soal akreditasi Polsen yang saat ini masih C, diharapkan ditingkatkan lagi, agar bisa naik jadi Akreditasi B. “Dosen harus lanjutkan studinya, karena seorang dosen harus memiliki gelar S2, memiliki jabatan akademik dan sertifikasi mengajar. Kami akan bantu masalah jabatan fungsional dosen,” jelasnya.

Dikatakan Bupati Kubar, FX Yapan SH, peran orangtua dan wali sangat penting dalam pendidikan, termasuk pembangunan Kubar. “Saya minta para wisudawan jangan sampai menambah pengangguran di Kubar. Bagaimana kalian merubah mind set (pola pikir), dan jangan terpengaruh pola pikir di kampung. Kita harus punya planning (perencanaan), cita-cita dan harapan. Jangan sampai di sini saja dan yang bisa merubah diri kita, hanya kita sendiri,” ucapnya.

Wisuda dihadiri Sekretaris Kabupaten Kubar Drs Yacob Tullur MM, Kasdim 0912/Kubar Mayor Infanteri Wahyudi SAg, dan Wakapolres Kubar Kompol I Gede Pasek Mulyana SIK. Selain dosen dan tenaga administrasi di Polsen, tampak pula 300 lebih orangtua dan undangan. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here