Bupati Minta KONI Kubar Lahirkan SDM Cerdas

2105_KONI Kubar
OLAHRAGA CERDAS : Momen Rapat Kerja Tahunan KONI Kutai Barat diharapkan menjadi waktu yang tepat untuk menyusun program kerja guna membangun dan melahirkan insan muda berkualitas. M IMRAN/KabarKubar.com

BARONG TONGKOK – Dari 36 cabang olahraga yang dinaungi Komite Olahraga Nasional Indonesia Kutai Barat, sejumlah prestasi telah diraih. Terbaru, 14 atlet Kubar akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional ke XIX di Provinsi Jawa Barat. Pada perhelatan PON yang akan digelar 17-29 September 2016 nanti, para atlet asal Kubar akan memperkuat kontingen Provinsi Kalimantan Timur.

“Saat ini ke 14 atlet Kubar sedang sentralisasi di Kota Samarinda, untuk memperkuat Kaltim di ajang PON XIX, September mendatang. Mereka akan berlaga di berbagai cabor, terutama balap motor, dayung, kempo, Softbol dan wushu,” terang Ketua KONI Kubar, Ekti Imanuel, saat Rapat Kerja Tahunan KONI Kubar, Kamis 19/5 di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Sendawar.

Didampingi Ketua Panitia Raker Tahunan, Fachrujiansyah, KONI Kubar siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kubar dan seluruh pemangku kebijakan. Dengan tujuan, bersama-sama mengharumkan nama daerah. “KONI Kubar akan mendukung program pemerintah melalui bidang olahraga,” jelas pria yang akrap disapa Ozi.

Pernyataan KONI Kubar itu merespon ajakan Bupati Kubar FX Yapan dalam sambutan dibacakan Sekretaris Kabupaten Kubar, Aminuddin. Bupati meminta manajemen dan program kerja harus jelas dan tepat. Sehingga olahraga dapat menjadi salah satu jembatan pencapaian pembangunan sumber daya manusia yang semakin berkualitas, terutama generasi muda. Secara teknis, kata bupati, olahraga merupakan sarana penyaluran bakat dan minat bagi generasi muda. Namun olahraga juga memerlukan sarana dan prasarana.

“Bidang olahraga juga salah satu sarana untuk meredam perilaku penyakit masyarakat. KONI sebagai wadah atau induk pembina olahraga, harus menjadi pilar dalam pengembangan olahraga bagi generasi muda,” ujar bupati.

Yapan berharap, Raker Tahunan menjadi momen KONI Kubar untuk menyusun dan mengajukan rancangan program kerja yang konkret, terukur, dapat bertanggung jawab. Juga mengefisienkan penyerapan anggaran, agar bermanfaat bagi masyarakat. “KONI dituntut melalui bidang olahraga, agar membangun dan melahirkan insan manusia yang memiliki kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ),” pungkasnya.    #M Imran

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here