Yapan: “Kepala Adat menjadi ujung tombak perangi isu-isu negatif”

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, dan para pimpinan organisasi perangkat daerah Pemkab Kubar mengikuti prosesi adat Tepung Tawar. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

TERING – KABARKUBAR.COM
Lewat proses pemilihan, 13 kepala adat kampung dan seorang kepala adat besar di Kecamatan Kecamatan Tering dilantik, Sabtu 9/3/2019. Dalam pelantikan, Kepala Adat Besar Kabupaten Kutai Barat, Manar Dimansyah berpesan, agar para pemimpin lembaga adat bertindak adil. Khususnya saat menyelesaikan sengketa atau permasalahan yang meminta pendapat atau putusan seorang kepala adat.



“Saya berharap agar kita semua bisa menyelesaikan dengan seadil-adilnya, jika ada permasalahan di masyarakat. Tanpa memandang suku, agama, ras dan antar golongan (SARA),” ujar Manar Dimansyah, di Kantor Lembaga Adat Kecamatan Tering, yang dihadiri ratusan para tokoh adat dan masyarakat dari beberapa kampung.

Para kepala adat bersiap untuk diambil sumpah dan janji dalam melaksanakan tugas memimpin lembaga adat masing-masing. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Pada pelantikan di Kampung Tering Seberang itu, Manar Dimansyah juga berharap para kepala adat beserta jajarannya bisa bekerja bersama dengan Lembaga Adat Kabupaten. “Agar kita bisa memberikan output (hasil) yang baik dari lembaga ini. Sehingga bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk pembangunan Kutai Barat,” katanya.

Berikut nama-nama kepala adat yang dilantik dengan dihadiri Bupati Kutai Barat, Fransiskus Xaverius Yapan, dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah Pemkab Kubar.

No. NAMA JABATAN
1 ACIP Kepala Adat Besar Kecamatan Tering
2 MUNGKEN Kepala Adat Kampung Muyub Ilir
3 NYENTAI Kepala Adat Kampung Jelemuq
4 HENDRIKUS HAJANG Kepala Adat Kampung Tering Baru
5 PARAN DJAHANIS Kepala Adat Kampung Tering Lama
6 ANTONIUS JAREK Kepala Adat Kampung Tering Seberang
7 PONIMIN R Kepala Adat Kampung Purworejo
8 EDY PANUT Kepala Adat Kampung Banjar Rejo
9 PETRUS J Kepala Adat Kampung Muara Mujan
10 ABDUL SYUKUR Kepala Adat Kampung Kelian Dalam
11 NASRI Kepala Adat Kampung Muyub Ulu
12 ASMUNI Kepala Adat Kampung Gabung Baru
13 DANIEL LIQ Kepala Adat Kampung Muyub Aket
14 MARTINUS K Kepala Adat Kampung Tukul
Bupati Kutai Barat, FX Yapan, mengikuti prosesi adat pelantikan yang dipimpin Kepala Adat Besar Kabupaten Kutai Barat, Manar Dimansyah, di Kantor Lembaga Adat Besar Kecamatan Tering, Sabtu 9/3/2019. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Pada acara yang diawali dengan prosesi adat tersebut, Bupati Kubar juga menyampaikan pesan khusus kepada para kepala adat yang dilantik. Ia berharap para kepala adat dapat menjadi mesin penggerak untuk terus menjaga dan melestarikan adat budaya setempat. “Supaya tetap eksis (tetap ada), jangan sampai hilang oleh  kemajuan zaman. Dan menjadi ujung tombak untuk memerangi isu-isu negatif di tengah masyarakat,” ungkap FX Yapan.

“Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang terlibat. Sehingga dapat terlaksananya pelantikan kami hari,” tukas Acip, Kepala Adat Besar Kecamatan Tering mewakili para kepala adat yang dilantik.



Dalam acara ini tampak Inspektur Inspektorat Kubar Robertus Bellarminus Belly Djuedy Widodo, dan Kepala Dinas Pariwisata Kubar Herman Alung. Ada juga Kepala Dinas Perhubungan Kubar Rakhmat, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubar Silvanus Ngampun. Turut hadir Perwakilan Koramil 0912-04 Long Iram, Personel Pos Polisi Tering dan para staf Lembaga Adat Kabupaten. #Sunardi

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here