Pemkab Kubar Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Jalan Pertanian

Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat bersama para korban kebakaran yang terjadi di Jalan Pertanian Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok, yang terjadi pada Kamis 15/8/2019 lalu. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Sosial Kubar, menyerahkan bantuan kepada 29 jiwa sebagai korban kebakaran yang terjadi pada Kamis 15/8/2019 lalu. Kebakaran di Jalan Pertanian, Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok itu menghanguskan satu unit rumah dan satu rumah sewa berbentuk bangsalan.



Mereka yang tergabung dalam 14 Kepala Keluarga tersebut, menerima bantuan dalam beragam bentuk. Antara lain, Tenda Gulung 20 lembar, Seragam SD 4 stel, Perlengkapan Ibu Hamil dan Anak 20 paket. Kemudian, Sepatu Sekolah dan Kaos Kaki 8 pasang, Selimut 29 lembar, dan Matras 20 lembar.

Ada juga Famili Kit 20 paket, Perlengkapan Dapur Keluarga 14 paket, Kids Ware 2 paket, dan Kasur 16 buah. Disertai juga sembako berupa Beras 150 kilogram, Mie Instan 800 bungkus, Gula 30 kilogram, Teh 30 kotak, Kopi dan Biskuit 30 bungkus, Susu 30 kaleng, Minyak Makan 30 liter dan Air Mineral 30 dos.

Kepala Dinas Sosial Kubar, Ampeng mengatakan, Tim Dinas Sosial dan Taruna Siaga Bencana Kubar sudah menyiapkan dapur umum dan tenda selama tiga hari untuk para keluarga yang terdampak kebakaran tersebut. “Juga telah membaktikan diri sesuai standard operation procedure,” katanya melalui Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kubar, Wilhemus.

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kubar, Wilhemus, menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran, Minggu 18/8/2019. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Wilhemus berpesan, seluruh pemilik kos atau rumah sewa harus tanggap. Tidak hanya mendata pengguna kos dan melaporkan kepada Ketua Rukun Tetangga terdekat. Tapi juga harus memerhatikan kesehatan para penguna kos, serta memantau dan menjaga kondisi instalasi listrik.

“Jika penguna kos memakai instalasi listrik dengan amburadul, berikan warning (teguran),” tegasnya usai memberikan bantuan di lokasi kebakaran, Minggu 18/8/2019.

Terkait bantuan, Wilhelmus mengakui selain dari Pemerintah Daerah, ada juga sumbangan yang dikumpulkan dari sejumlah warga maupun organisasi di Kubar. Seperti Gereja Katolik, Musholla, beberapa pemilik toko seputaran kawasan Barong Tongkok, dan ibu-ibu dari Kompleks Perkantoran Pemkab Kubar.



“Tidak bisa disebutkan satu-persatu, namun sangat banyak. Ada pula tidak ingin disebutkan namanya, yakni bantuan berupa makanan siap saji, sembako dan pakaian layak pakai ,” ungkap Wilhelmus. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here