Dilakukan Suntik Serentak di 19 Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Pelaksanaan Vaksinasi Tahap I di Kabupaten Kutai Barat resmi dilaksanakan pada Kamis, 28 Januari 2021. Ditandai penyuntikan secara simbolis kepada 10 pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di alun- alun Itho.

Penyuntikan dilakukan serentak di 19 Pusat Kesehatan Masyarakat, klinik  dan rumah sakit se-Kubar. Sebanyak 3.800 ampul dosis vaksin yang diterima Pemerintah Kabupaten Kutai Barat pada Tahap I ini diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan.

“Pemberian vaksinasi dengan disuntik secara IM atau Intra Muscular di lengan kiri. Tahap pertama ini, semua sumber daya manusia kesehatan yang bekerja di fasilitas kesehatan se-Kubar divaksin,” terang Kepala Dinas Kesehatan, Ritawati Sinaga.

Vaksinasi adalah salah satu upaya yang dinilai sangat efektif oleh pemerintah, untuk mengatasi pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 yang masih terus berlangsung. Vaksinasi dilaksanakan untuk melengkapi upaya pencegahan penyakit Covid -19. Seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Di tempat terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten kutai Barat, Barnabas menjelaskan, vaksinasi Tahap I yang menjadi prioritas adalah tenaga kesehatan. Hal itu sesuai Intruksi Menteri Kesehatan dan harus selesai dilaksanakan pada Minggu, 31 Januari 2021 nanti.

“Untuk tahap berikutnya, vaksinasi akan diberikan terutama untuk pelayan publik. Selanjutnya diberikan kepada masyarakat umum usia 18-59 tahun,” tutupnya.

Pelaksana Tugas Asisten II Setdakab Kubar, Nopandel, adalah satu dari 10 orang unsur Forkopimda Kubar yang pertama kali disuntik vaksin. “Saat disuntik hampir tidak terasa, dan setelah observasi selama 30 menit, tidak ada efek negatif yang saya rasakan,” katanya.

Kepada masyarakat, ia mengajak untuk tidak takut disuntik vaksin Covid-19. Termasuk mereka yang berusia 18 sampai 59 tahun. Menurutnya, dengan divaksin, kita dapat menciptakan Herd Immunity atau kekebalan kelompok. Sehingga bangsa Indonesia, khususnya warga Kabupaten Kutai Barat bisa melewati pandemi dengan sukses.

“Syukur, puji Tuhan, sampai saat ini tidak ada keluhan. Mari kita saling dukung, saling jaga dan tetap displin Prokes 5M,” pesan Nopandel yang pernah menjabat Kepala Bagian Humas Setkab Kubar. #Sunardi

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here