Gaji TKK Salah Satu Dasar Persetujuan Fraksi PDI Perjuangan

Paripurna DPRD Kutai Barat dengan Acara Pendapat Akhir dan Persetujuan Bersama DPRD dan Kepala Daerah Terhadap Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2017, Selasa 26/9/2017. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Seluruh Fraksi di Gedung DPRD Kabupaten Kutai Barat sepakat atas usulan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, untuk Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2017. Dari yang sebelumnya di kisaran Rp 1,7 triliun, disetujui menjadi Rp 1.986.211.156.396,96. Hal itu didasari sejumlah hal kebutuhan dasar pemerintah dan juga Parlemen sendiri.


Meski menyetujui, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang diisi 14 Politisi PDI Perjuangan, memberikan catatan kecil. Dengan anggaran APBD Kubar yang ada, diharap dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, untuk pemerataan pembangunan Kubar ke depan yang lebih baik lagi.

“Kami dari Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan kepada pemerintah, agar melakukan efisiensi anggaran APBD Kubar,” kata Iku, Juru Bicara Fraksi PDI Perjuangan saat membacakan pendapat fraksinya. Disampaikan pada Rapat Paripurna V Masa Sidang III Tahun 2017 Pendapat Akhir Fraksi & Persetujuan Bersama DPRD dan Kepala Daerah Terhadap Raperda Perubahan APBD Tahun 2017. Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Kubar, Jackson John Tawi.

Usai Paripurna, Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Puncan Karna mengaku pendapat akhir fraksinya didasari keinginan membangun Kubar lebih baik. Dan juga adanya beberapa aturan yang telah ditentukan Pusat maupun Provinsi, yang tidak dapat dibantah. “Suka tidak suka, ada sejumlah item harus dianggarkan, agar pembangunan tetap berjalan baik. Antara lain pembayaran honor Tenaga Kerja Kontrak, Penyertaan Modal, Administrasi DPRD dan pembayaran hutang kepada pihak ketiga,” katanya.

Para Anggota DPRD dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah dalam Sidang Paripurna Pendapat Akhir Fraksi tadi pagi. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Ketua Fraksi Amanat Gerakan Bangsaan Karya, Mulyadi Effendi menyatakan apresiasi atas kinerja Pemkab Kubar yang telah kritis dalam menyusun APBD Kubar 2017. “Semua itu untuk perubahan yang lebih baik. Kami menyetujui Perubahan APBD Tahun 2017,” katanya menyampaikan Pendapat Akhir Fraksi yang diisi 7 Politisi dari PAN, Gerindra, PKB dan Golkar.

Sementara Fraksi Gabungan Demokrat Hanura Keadilan Sejahtera, menyadari Perubahan APBD adalah Perubahan Target Pencapaian Kinerja. Yang terukur dari setiap urusan Pemerintahan Daerah, Perubahan Proyeksi Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan Daerah. Kemudian mereferensikan isu-isu relevan dari hasil mencermati usulan pemerintah itu dengan 3 opsi pilihan.

Yakni, Pemda sebagai instrumen untuk menciptakan Kesejahteraan Rakyat. Dan perlu dilakukan penataan prioritas yang benar-benar urgen dalam rangka penyelarasan anggaran, sehingga sepadan dengan kemampuan keuangan daerah. Serta menerapkan konsep meningkatkan semangat dasar untuk mendorong ke arah pencapaian Visi Kubar, dengan langkah tepat pelaksanaan Misi berbasis kinerja yang berkarakter.

Apresiasi disampaikan kepada Badan Anggaran DPRD, yang telah menunaikan tugas dan melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya. Total Perubahan APBD Kubar 2017 adalah Rp1.986.211.156.396,96. “Setelah menelaah dengan seksama, membahas secara komprehensip serta melakukan diskusi di internal fraksi, kami menyetujui Perubahan APBD Tahun 2017,” ujar Yustinus Agus, selaku Sekretaris Fraksi yang berisi 5 Politisi Partai Demokrat, PKS dan Hanura.

“Saya berterimakasih kepada seluruh anggota DPRD Kubar yang sudah menyetujui Perubahan APBD Tahun 2017. Juga terima kasih kepada seluruh masyarakat Kubar yang telah membantu memberi masukan dan saran dalam menyusun APBD ini, guna pembangunan Kubar yang lebih baik lagi,” kata Bupati Kubar, FX Yapan.

Paripuran dihadiri Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkhan dan Sekretaris Daerah Yacob Tullur. Perwakilan Polres Kubar Kompol Kasdi, Komandan Koramil 0912-13 Barong Tongkok Kapten Infanteri Sutrisno dan Letnan Dua Heru Prasetijo sebagai Perwakilan TNI AU di Kubar. Juga para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kubar. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here