Danrem Serahkan Hasil TMMD Kepada Pemkab Kubar

Para personel TNI yang melaksanakan TMMD Ke-101 di Kampung Sakaq Tada dan Muara Batuq, Kecamatan Mook Manaar Bulatn, mengabadikan momen penutupan bersama masyarakat dan para pelajar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MOOK MANAAR BULATN – KABARKUBAR.COM
Genap 30 hari, pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa Ke-101 resmi ditutup oleh Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma Brigadir Jenderal Irham Waroihan. Upacara penutupan dilakukan di Lapangan Sepakbola Kampung Sakaq Tada, Kecamatan Mook Manaar Bulatn, Kamis 3/5/2018 pagi tadi. Hasil pekerjaan 150 TNI yang selama sebulan penuh ‘ngepos’ di Kampung Sakaq Tada dan Muara Batuq itu pun diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.

“Tanpa terasa sudah 30 hari kebersamaan TMMD. Hari ini 50 wilayah di tanah air merayakan dan mensyukuri pencapaian tersebut,” ujar Brigjen Irham Waroihan, saat upacara Penutupan TMMD Ke-101 Wilayah Perbatasan di wilayah Kodim 0912/KBR tahun anggaran 2018, Kamis 3/5/2018.

Danrem berharap, TMMD tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata. Namun juga mampu membangun karakter bangsa khususnya generasi muda. Sebagaimana tema TMMD tahun ini, yakni TNI Menunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa. Terlebih di tengah badai krisis gelobal dan epidemi kebangsaan, katanya, kita dituntut untuk lebih mampu memelihara dan memngembangkan segenap potensi bangsa. Baik sumber kekayaan nasional, SDM maupun yang lainya. “Mari kita kembangkan hal positif yang kita lakukan selama ini,” ujar Brigjen Irham Waroihan.

Para tamu dan undangan bersama Komandan Korem 091/ASN Brigjen Irham Waroihan, menyimak paparan Komandan Satuan Tugas TMMD Ke-101, Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan yang adalah Komandan Kodim 0912/KBR. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Ditambahkan Brigjen Irham Waroihan, strategi dan taktik perang yang juga dikenal sebagai Unrestricted War ini tidak hanya mengunakan kekuatan militer. Namun juga kekuatan non militer seperti Ipoleksosbud (ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya) dan Teknologi. “Saya juga minta agar fasilitas dan sarana prasarana yang telah kita bangun ini senantiasa dijaga dan dipelihara. Agar dapat bermafaat dalam kurun waktu yang cukup lama bagi masyarakat,” pesan lulusan Akademi Militer tahun 1989 ini.

Terkait hasil TMMD, Komandan Kodim 0912/Kutai Barat Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan memaparkan secara rinci. Yakni Sasaran Fisik yang telah dilaksanakan dari 4 April sampai dengan 2 Mei 2018 itu ada tiga kegiatan. Pertama, Semenisasi Badan Jalan sepanjang 600 meter dengan lebar 4 meter dan tinggi atau ketebalan 20 centimeter di RT 02 Kampung Muara Batuq. Kedua, Semenisasi Jalan Usaha Tani Anti Rawa sepanjang 400 meter dengan lebar 2 meter dan tinggi 20 centimeter di RT 4 Kampung Sakaq Tada. Terakhir, Pemagaran Kantor Desa dan Puskesmas Pembantu sepanjang 60 meter dengan tinggi 150 centimeter di lokasi yang sama.

Sedangkan Sasaran Non Fisik ada 12 item. Yakni Penyuluhan KB Kesehatan, Penyuluhan Kamtibmas, Penyuluhan Hukum, Penyuluhan Pertanian Peternakan dan Perkebunan, Sosialisasi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, Sosialisasi Paham Radikal, Sosialisasi Rekrutmen TNI, Sosialisasi Bahaya Narkoba dan HIV/AIDS, Pengobatan Massal, Imunisasi, Penanganan Gizi Buruk, serta Penanganan TBC.

Komandan Korem 091/ASN Brigjen Irham Waroihan, menyerahkan naskah serah terima hasil program TMMD Ke-101 kepada Bupati Kubar FX Yapan. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Ia juga menjelaskan 150 personel yang terlibat TMMD di dua kampung itu. Selain Komandan Satuan Tugas dan Staf Satuan Tugas berjumlah 15 orang, ada juga 25 orang Tim Asistensi dari Pemkab Kubar dan Polri. Kemudian, Satuan Setingkat Kompi ada 110 personel yang berasal dari beragam satuan. “Dilaksanakan dengan dukungan anggaran dari Penanggung Jawab Operasi TMMD Ke-101 dan Pemkab Kubar,” ungkap Letkol Rudi Setiawan.

Rincian personel tersebut terdiri dari 77 prajurit TNI Kodim 0912/KBR, 31 personel Batalyon Infanteri 611/Awang Long, 12 prajurit TNI Batalyon Zeni Tempur 17/Ananta Dharma Balikpapan, 3 tenaga kesehatan dari Kesehatan Kodam VI/Mulawarman, 9 personel Polres Kubar dan 15 orang dari instansi terkait di Pemkab Kubar.

Usai pemaparan, dilakukan penandatanganan naskah serah terima hasil program TMMD. Antara Dan Satgas TMMD dan Bupati Kubar, kemudian diserahkan oleh Danrem kepada Pemkab Kubar melalui Bupati Kubar. Upacara Penutupan TMMD Ke-101 dipimpin Danrem selaku Inspektur Upacara, dan Kasdim 0912/KBR Mayor Infateri Wahyudi selaku Komandan Upacara. Dengan Danramil 0912-01/Long Apari Mayor Infanteri Monang Panjaitan sebagai Perwira Upacara.

Penutupan juga diisi pelepasan pita secara simbolis oleh Danrem. Dan juga dilakukan Sersan Dua Sarifuddin yang adalah Bintara Pembina Desa Koramil 0912/08 Muara Lawa, dan Saiful Anwar sebagai perwakilan masyarakat Kampung Sakaq Tada.

Peserta Upacara Penutupan dihadiri Kasi Teritorial Kolonel Arhanud Muhamad Jamaludin Malik, dan Kasi Personel Kolonel Infanteri Andi Kusworo. Tampak juga Kolonel AU Tri Budiono selaku LO AU Kodam VI/MLW, Anggota DPRD Kubar Zainuddin Thaib, Perwakilan TNI AU di Kubar Letda CPM AU Agus Aan KH, Kabag Ops Polres Kubar Kompol Sarman dan Camat Mook Manaar Bulatn Rusmansyah. Hadir pula para Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kubar, para Petinggi di Mook Manar Bulatn. #Lilis Sari/Advertorial

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here