Pengenalan Lingkungan Kepolisian Sejak Dini

2405_40 Anak PPA Alfa Omega ke Mapolres Kubar
BELAJAR : Anak-anak PPA Alpa Omega berfoto bersama kordinator, para guru dan polisi di depan Kantor Santlantas Mapolres Kubar, Jumat (22/5/2015).    M IMRAN/KabarKubar.com

BARONG TONGKOK – Pusat Pengembangan Anak ID-534 Alpa Omega mengajak 40 anak didiknya berkunjung ke Markas Kepolisian Resor Kutai Barat, Jumat (22/5/2015). Anak-anak usia Sekolah Dasar di Kampung Linggang Mapan, Kecamatan Linggang Bigung itu dibawa berkeliling Mapolres. Oleh sejumlah personil Polisi Wanita dan Satuan Lalu Lintas Polres Kubar, dikenalkan langsung kegiatan di lingkungan Polres.

Menurut Kordinator PPA Alpa Omega Linggang Mapan, Gabriel, kegiatan itu ditujukan agar anak-anak mengenal polisi dan kantornya. Mereka akan senang dan sangat paham karena langsung dibawa berkeliling lingkungan Mapolres. Dari kunjungan itu anak-anak diharap terbuka pemikirannya ke depan. “Mungkin ada yang bercita-cita menjadi polisi sebagai penegak hukum, pelindung dan penyayom masyarakat,” jelasnya.

Gabriel menerangkan, total 138 anak didiknya diharapkan mengenal dunia polisi. Dan mengetahui  pentingnya polisi untuk menjaga keamanan masyarakat NKRI. Sebanyak 40 anak ikut berkunjung ke Mapolres Kubar. Mereka tergabung dari beberapa kampung, yakni Balok Asa, Juhan Asa, Linggang Melapeh dan Linggang Mapan. “ Ini bentuk pengenalan dini tentang kepolisian agar anak-anak tidak melakukan hal yang bertentangan dengan hukum,” katanya.

Kapolres Kubar AKBP Purwadi Wahyu Anggoro, berharap pengenalan polisi sejak usia dini membuat anak-anak mencintai dan mengerti bahwa polisi sebagai mitra masyarakat. Sehingga anak-anak tidak takut dan mengerti tugas polisi. “Biar mereka berani dekat dan menyampaikan informasi keamanan di lingkungannya kepada polisi,” jelasnya melalui Kasat Binmas Polres Kubar AKP Sudjono.

Bersama Kordinator dan para gurunya, 40 anak itu dipandu Personil Polres dan Polwan berkeliling langsung melihat bagian satuan penting di Polres. Di antaranya Satlantas, Satuan Reserse Narkoba, Satuan Bimbingan Masyarakat, Satuan Reserse Kriminal serta satuan lainnya.    #M Imran

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here