Diminta Deteksi dan Antisipasi Potensi Sejumlah Tindak Pidana

Serah terima jabatan Kepala Polsek Bentian Besar, dari AKP Lorensius Balak kepada AKP Djoko Purwanto, disaksikan Kepala Polres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat, AKBP I Putu Yuni Setiawan, menyelipkan pesan bagi para perwira yang mengikuti mutasi pekan lalu. Khususnya lima pejabat Kepala Kepolisian Sektor yang bergeser. Agar memantau potensi timbulnya sejumlah tindak pidana di tengah masyarakat, salah satunya adalah penyalahgunaan bahan bakar minyak atau illegal oil.

“Yakinkan jika Polri, khususnya Polres Kubar, mampu memberikan keamanan serta kenyamanan dalam setiap aktifitas masyarakat,” kata AKBP Putu Setiawan, dalam Upacara Serah Terima Jabatan 5 Kapolsek dan 2 Kasat, Sabtu 10/8/2019 di Aula Markas Polres Kubar, Jalan Gajahmada No.03 Kecamatan Barong Tongkok.



Dikatakan Mantan Wakil Kapolres Cirebon Kota ini, wilayah hukum Polres Kubar sangat luas dengan 21 kecamatan. Kapolsek yang baru diharap bisa segera melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan mengenali kebiasaan atau budaya setempat. Salah satunya dengan memerhatikan kearifan lokal yang ada, dan mengenali wilayah guna mencari informasi seluasnya.

Sehingga gejolak-gejolak di tengah masyarakat dapat terdeteksi, dan dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Seperti pembakaran lahan, pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan pemberatan, kekerasan dalam rumah tangga, illegal oil, dan illegal logging,” tegas AKBP Putu Setiawan.

Tidak hanya itu, potensi tindak lain juga diminta terus dipantau. Antara lain, perjudian, kekerasan terhadap anak, terutama kekerasan seksual. Serta penganiayaan yang dapat menjadi pemicu terjadinya konflik antar suku yang bernuansa Suku Agama Ras dan Antargolongan. Ia juga meminta memantau situasi politik yang berkembang akhir-akhir ini. “Bina hubungan baik dengan tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan juga unsur pemerintah,” ujar pria yang menjabat Kapolres Kubar sejak Desember 2017 menggantikan AKBP Pramuja Sigit Wahono.

Di era digital sekarang ini, Kapolres mengaku sangat penting bagi pejabat baru untuk bisa menindaklanjuti. Juga melaksanakan secara cepat, tepat dan terukur pada setiap tugas dari pimpinan. Guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi di tengah masyarakat.

Pejabat setingkat Perwira Pertama yang bergeser tersebut adalah;

  1. Kapolsek Bentian Besar

AKP Lorensius Balak, S.Sos yang masuk Masa Persiapan Pensiun dimutasi sebagai Kepala Sub Bagian Hukum pada Bagian Sumber Daya Polres Kubar. Ia digantikan AKP Djoko Purwanto, SH, MM yang sebelumnya menjabat Kapolsek Melak.

  1. Kapolsek Melak

AKP Djoko Purwanto, SH, MM digeser sebagai Kapolsek Bentian Besar dan digantikan AKP Toni Joko Purnomo, SH yang sebelumnya adalah Kapolsek Jempang.

  1. Kapolsek Jempang

AKP Toni Joko Purnomo, SH, dimutasi sebagai Kapolsek Melak dan jabatannya diisi Iptu Totok Pujo Suseno, SH yang sebelumnya Kepala Unit Kecelakaan Satuan Lalu Lintas Polres Kutai Timur.

  1. Kapolsek Long Hubung

Ipda Gatot Siswanto, S.Sos pindah tugas sebagai Perwira Pertama Polres Kutai Kartanegara, dan jabatannya digantikan Ipda I Nyoman Darta yang tadinya adalah Kapolsek Long Pahangai.

  1. Kapolsek Long Pahangai

Ipda I Nyoman Darta bergeser menjadi Kapolsek Long Hubung, dan jabatannya dilanjutkan Ipda Sumanta, SH yang tadinya Kepala Unit Tipikor Satuan Reserse Kriminal Polres Kubar.

  1. Kepala Satuan Samapta

AKP Kadiyo, SH menjadi Perwira Unit 1 Sub Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kaltim. Jabatannya diisi Iptu I Wayan Witra yang sebelumnya menjabat PS Kepala Sub Bagian Humas Polres Kubar.

  1. Kepala Satuan Reserse Narkoba

AKP Jamhari, SH yang berpindah menjadi Gadit Pratama V Sekolah Polisi Negara Polda Kaltim. Jabatannya digantikan Iptu Darwis Yusuf, S.Sos yang tadinya adalah Kapolsek Loa Kulu Polres Kukar



Menurut AKBP Putu Setiawan, mutasi jabatan adalah hal yang wajar dengan mempertimbangkan kebutuhan organisasi. Sehingga tujuan pembinaan karir personel dan upaya peningkatan kinerja organisasi berjalan baik. Sejalan dengan dinamika dan tantangan kerja serta perkembangan situasi yang ada. “Semoga perputaran jabatan ini menjadi salah satu fungsi pembinaan dalam peningkatan kualitas tugas di lingkungan Polres Kubar,” tegasnya. #Lilis Sari

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here