1.000 Lebih Kupon Telah Dibagikan

Sekitar 750 umat melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Agung Baiturrahim Barong Tongkok, Jumat 1/9/2017. SONER KLEND SABBATH HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Masjid Agung Baiturrahim Sendawar di Jalan Gajah Mada, Barong Tongkok, dipadati umat untuk Salat Idul Adha 1438 Hijriah, Jumat 1/9/2017 pagi tadi. Dimulai sekira pukul 07.15 Wita, sekitar 750 jamaah salat yang dipimpin Ustadz Noor Ivansyah selaku Imam. Sedangkan Bacaan Ma’asyiral dibawakan Ustadz Nurul Fajri.


Dalam khutbahnya, HM Isnaini mengatakan, Kurban adalah salah satu ritual yang suci dan merupakan bentuk kedekatan kita kepada Sang Pencipta. “Ujian yang berat dialami Nabi Ibrahim AS yang menyembelih anaknya Nabi Ismail, sebagai pelajaran bagi kita. Bahwa berkurban dengan mengharapkan keridhohan ALLAH SWT,” kata Isnaini yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Barat.

Sebelumnya, Ketua I Badan Pengelola Masjid Agung Baiturrahim, Tajudin, melaporkan nama-nama yang berkurban di masjid itu. “Kami sebagai pengelola masjid ini, sangat berharap bantuan dan sumbangan dari kaum Muslimin Kubar. Karena masih banyak sisi pembangunan di masjid ini yang belum diselesaikan,” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Barat, HM Isnaini, memberikan pencerahan lewat khutbah pada Salat Idul Adha di Masjid Agung Baiturrahim Barong Tongkok. SONER KLEND SABBATH HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Saya atas nama Pemkab Kubar, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H kepada masyarakat Muslim di Kubar. Kurban merupakan salah satu wujud sosial kepada sesama dan bentuk ketaqwaan kita kepada ALLAH SWT,” kata Asisten I Sekretariat Kabupaten Kubar, Silas Sinar yang mewakili Bupati Kutai Barat, FX Yapan.

Salat Ied yang berjalan tertib dan lancar itu, mendapat pengamanan oleh 20 Personel Polres Kubar, 3 TNI dari Komando Rayon Militer 0912-13 Barong Tongkok. Ditambah 5 personel Satpol PP Kubar. Salat yang berjalan khidmat dan aman, selesai pada pukul 08.15 Wita.

Untuk pemotongan Hewan Kurban di Masjid Agung Baiturrahim, akan dilaksanakan besok, Sabtu 2/9/2017. Sebanyak 13 sapi dan 3 kambing akan disembelih di halaman masjid. Untuk mendapatkan daging sapi, pengurus masjid telah membagikan 1.000 lebih kupon kepada masyarakat.

Petugas dari Satuan Lalu Lintas Polres Kutai Barat, ikut mengamankan jalannya ibadah Salat Ied di Masjid Agung Barong Tongkok. SONER KLEND SABBATH HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Makna berkurban tersebut mengajarkan kita untuk berbagi terhadap sesama. Itu sebabnya, kupon yang dibagikan untuk mendapat bagian daging kurban, tidak memandang suku dan agamanya,” ungkap Takmir Masjid Agung Baiturrahim, H Eddy Akhmadi.

“Iya saya sudah dapat kuponnya. Besok pasti saya ambil,” ucap seorang ibu yang sehari-hari berdagang rempah-rempah di seberang Lapangan Sepakbola Rarakuta, Barong Tongkok. Ia bersama dua rekannya sesama pedagang, mengambil kupon tadi siang. #Sonny Lee Hutagalung


Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here