Pilgub Kaltim Makin Dekat, Peminat Anggota PPS Minim

Perwakilan PPK dan PPS membacakan Pakta Integritas sebagai bagian dari komitmen menjadi penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Barat melantik 80 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan untuk 16 kecamatan se-Kubar. Tidak hanya itu, 138 orang juga ikut dilantik sebagai Panitia Pemungutan Suara dari 4 kecamatan. Seluruhnya adalah hasil tahapan yang dilakukan KPU Kubar sejak tanggal 12 Oktober 2017 lalu.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji PPK dan PPS tersebut dilakukan di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Sabtu 11/11/2017 pagi tadi. Pelantikan oleh Ketua KPU Kubar, FX Irianto, dihadiri Asisten II Sekretariat Kabupaten Kubar, Yohanes Kiman dan sejumlah pejabat instansi terkait.

Ketua KPU Kabupaten Kutai Barat, FX Irianto, menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan 80 anggota PPK se-Kubar dan 138 anggota PPS di 4 kecamatan. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Mereka yang akan bertugas sebagai penyelenggara dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2018, berasal dari 45 kampung dan kelurahan. Yakni 63 orang dari 21 kampung dan kelurahan di Kecamatan Barong Tongkok, 33 orang dari 11 kampung di Linggang Bigung, 21 orang dari 7 kampung di Sekolaq Darat dan 18 orang dari 6 kampung dan kelurahan di Melak.

Diakui FX Irianto, PPK di 16 kecamatan sudah terbentuk dan hari ini dilantik seluruhnya. Hanya saja, anggota PPS yang kuotanya 3 orang per kampung atau kelurahan belum terpenuhi. “PPS di 12 kecamatan belum lengkap, makanya baru dilantik dari 4 kecamatan saja hari ini,” ungkapnya saat sambutan.

Selain minat yang kurang karena rasa takut menjalankan tugas berat sebagai PPK atau PPS, imbuh Irianto, juga akibat seleksi ketat yang mengedepankan profesionalisme. Ia berharap semua elemen turut memberi perhatian dalam hal itu. “Ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” jelas dia.

Pemerintah Kabupaten Kubar berharap, para anggota PPK dan PPS menjalankan tugas dengan optimal. Sebagai petugas yang dibentuk oleh amanat Undang-undang dalam tahapan Pemilu, PPK dan PPS memiliki wewenang rekapitulasi dan evaluasi. “Saya harap saudara yang baru dilantik agar memiliki kompetensi dan kredibilitas yang tinggi dalam melaksanakan tugas di lapangan,” ujar Yohanes Kinam, membacakan pesan Bupati Kubar, FX Yapan.

Atas kepercayaan itu, pemerintah berharap anggota PPK dan PPS bisa memegang teguh sumpah janji serta meningkatkan etos kerja. Dan KPU dan Panitia Pengawas Pemilu dapat bersinergi dengan baik. Juga kepada seluruh elemen masyarakat, diminta dapat membantu proses Pemilu ini. “Saya berharap seluruh masyarakat Kubar menjaga kondusifitas daerahdalam menghadapi proses demokrasi ini,” pesan Yohanes Kinam.

Pelantikan dihadiri Sekretaris KPU Kubar, Syamsuniq, dan seluruh Komisioner KPU Kubar, yakni Martinus, Arkadius Hanye, Johanes Nuel, dan Suhaini. Hadir pula Ketua Panwaslu Kubar Muhtar Kusuma Atmaja, Kasubbag Hukum KPU Provinsi Kaltim Susan, Waka Polres Kubar Kompol I Gde Pasek Mulyasa, Kasdim 0912/KBR Mayor Inf Wahyudi, Inspektur Inspektorat Kubar Robertus Bellarminus Belly Djuedi Widodo, dan Kasat Pol PP Kompol Sentot Susanto. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here