Dimbau Segera Mendaftar Ulang

1406_Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kutai Barat, Gunawan
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kutai Barat, Gunawan. M IMRAN/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – Ada 66 Organisasi Kemasyarakatan yang tercatat di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kutai Barat. Tapi yang aktif hanya 24 Ormas. Sedangkan dari 17 Lembaga Swadaya Masyarakat yang terdaftar, cuma lima yang dinilai masih aktif. Sisanya dihitung kadaluarsa hingga Juni 2016 ini.

Untuk itu, Badan Kesbangpol Kubar meminta Ormas atau LSM yang terbilang tidak aktif tersebut, segera melaporkan kembali kepengurusannya. “Jumlah total Ormas dan LSM se-Kubar terdaftar adalah 83. Tapi tidak sampai setengah yang saat ini masih aktif,” ungkap Kepala Badan Kesbangpol Kubar, Gunawan, 14/6/2016 di ruang kerja.

Laporan yang dimaksud, adalah bagi yang selama ini sudah terdaftar di Badan Kesbangpol Kubar. Agar segera melakukan pendaftaran ulang atau registrasi administrasi. Karena jika dalam operasionalnya ditemukan Ormas atau LSM yang kadaluarsa itu beroperasi di tengah masyarakat, akan dilayangkan surat peringatan. “Kesbangpol berkewenangan mengingatkan untuk pendaftaran ulang. Bahkan setelah mendaftar ulang, Ormas atau LSM itu akan dilakukan verifikasi secara selektif. Terkait keberadaan kantor, serta kepengurusan, bahkan kelegalannya beroperasi di Kubar,” terangnya.

Catatan Kesbangpol Kubar, dari jumlah 83 Ormas dan LSM se-Kubar, hanya 29 yang aktif, atau 34,9 persen. Rinciannya adalah;

  1. LSM                            17      Aktif     5     Kadaluarsa     12
  2. Ormas Bidang Kesamaan Kegiatan 37    Aktif    20     Kadaluarsa     17
  3. Ormas Bidang Kesamaan Agama 11      Aktif     3     Kadaluarsa      8
  4. Ormas Bidang Profesi    8      Aktif     1     Kadaluarsa      7
  5. Ormas Bidang Paguyuban    4      Aktif     0     Kadaluarsa      4
  6. Ormas Kepemudaan   3      Aktif     0     Kadaluarsa      3
  7. Ormas Bidang Kesamaan Fungsi    3      Aktif     0     Kadaluarsa      3    #M Imran
Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here