Dari Pemkab Kubar dan 2 Tokoh Bohoq

Seekor sapi ditambat di halaman Masjid Al-Badru di RT 1 Kampung Gemuhan Asa, Kecamatan Barong Tongkok, sebelum disembelih dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah. EKILOVIS/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah terasa lebih semarak di sejumlah kampung di Kabupaten Kutai Barat. Khususnya di Kampung Gemuhan Asa, Kecamatan Barong Tongkok, yang terdapat satu masjid, yakni Al-Badru. Tiga ekor sapi sumbangan tiga pihak, disembelih pada Jumat, 31 Juli 2020 siang.

Ketua Panitia Perayaan Idul Adha di kampung yang populer dengan sebutan Bohoq, Amat, berterimakasih kepada mereka yang telah menyumbangkan tiga ekor sapi untuk dikurbankan. Satu ekor adalah bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.



“Atas nama seluruh umat Islam di Bohoq, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Kubar dan dua tokoh yang telah menyumbang masing-masing seekor sapi. Siang ini kami sembelih untuk dibagikan kepada mereka yang berhak,” ujar Amat kepada KabarKubar.

Menurutnya, Allah SWT tidak akan melupakan sekecil apa pun ibadah atau perbuatan seseorang selama di dunia. Semua akan dibalas atau dihitung pahalanya. “Bagi kami, tiga ekor sapi ini terbilang cukup banyak. Semoga Allah memberikan rezeki yang melimpah kepada mereka yang menyumbang,” kata Amat.

Marthin Septa Rosario Manalu, tokoh masyarakat Kampung Gemuhan Asa, menyumbangkan seekor sapi yang dibeli dari Kampung Geleo Asa. EKILOVIS/KABARKUBAR.COM

Dijelaskan Nasarudin, ada dua ekor sapi yang disumbangkan tokoh Kampung Bohoq. Yakni Mitong, dan Marthin Septa Rosario Manalu. “Sama besar nilainya bagi kami. Dari pemerintah maupun dari pak Mitong. Juga dari pak Marthin yang adalah seorang non muslim, tapi menunjukkan toleransi dan berbagi rezeki kepada kami umat Muslim,” ungkapnya.

Nasarudin yang biasa disapa Pimpong menjelaskan, dua ekor sapi yang bisa dijadikan kurban. Sebab seekor berjenis kelamin betina. Sehingga tidak masuk kategori sebagai hewan kurban. Tapi dapat menjadi berkah tersendiri bagi umat Islam di Bohoq.

Marthin Manalu dan Mitong, dua tokoh Kampung Gemuhan Asa yang menyumbangkan rezeki mereka melalui Masjid Al-Badru di Kampung Gemuhan Asa. EKILOVIS/KABARKUBAR.COM

“Seekor itu jantan, tapi tetap kami sembelih untuk dibagikan kepada umat. Jadi tetap sama nilainya bagi kami yang ada 100 jiwa lebih dalam 60 KK di Bohoq ini,” katanya saat ditemui di Masjid Al-Badru yang berlokasi di RT 1 Kampung Bohoq.

Disinggung sumbangannya kepada umat Muslim tersebut, Marthin Manalu mengaku berusaha menunjukkan toleransi antar umat beragama. Terlebih, untuk ikut merasakan kegembiraan umat Islam dalam kampung yang terletak di bantaran Sungai Mahakam dan kawasan Bandara Melalan.



“Mereka teman sekampung, yang sepatutnya saling membantu semampu kita dapat lakukan. Bukankah dalam keyakinan kita sebagai Kristen juga dianjurkan untuk berbuat baik kepada sesama,” ujar pria yang dikenal sebagai Pelatih Sepakbola dan pegawai salah satu instansi di lingkungan Pemkab Kubar.

“Pengikut Yesus Kristus diajarkan untuk mengasihi sesama manusia. Selamat Idul Adha 1441 Hijriyah untuk semua umat Islam di manapun berada, khususnya di Bohoq ini,” pungkas Marthin Manalu yang oleh warga setempat disebut berpeluang besar menjadi Kepala Kampung Gemuhan Asa di periode berikut. #Ekilovis

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here