Perindo dan Nasdem Akui Telah Sepakat

Ketua DPD Partai Nasional Demokrat Kubar, Agus Sophian, bersama Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kubar, H Sopiansyah, dan Ketua DPD Partai Persatuan Indonesia Kubar, Darsono Edwar, berbincang soal kemungkinan koalisi parpol di Gedung DPRD Kubar, Jumat 16/8/2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Partai Hati Nurani Rakyat menempati posisi ketiga hasil perolehan suara Pemilihan Umum tahun 2019 di Kabupaten Kutai Barat. Atas raihan 10.916 suara atau 12,3 persen dari total suara sah sebanyak 88.625, Hanura berhak menduduki tiga kursi DPRD Kubar. Mendapat jatah kursi Wakil Ketua DPRD Kubar, partai politik pimpinan Oesman Sapta Odang ini mengajukan dua nama untuk menduduki posisi tersebut.

“Kami di DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Hanura Kubar mengajukan Haji Aula dan Yelmianus Handian untuk diputuskan oleh DPP (Dewan Pimpinan Pusat) sebagai unsur pimpinan dewan,” ungkap Sekretaris DPC Partai Hanura Kubar, Suryadi K, Jumat 16/8/2019 melalui sambungan telepon.



Suryadi mengatakan, pengajuan kedua kader mewakili tiga kader Hanura yang berhasil duduk di DPRD Kubar itu, sudah kesepakatan internal partai. Juga menyesuaikan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga dan Peraturan Organisasi, dimana kewenangan penetapan unsur pimpinan dewan adalah hak DPP.

Sementara untuk posisi lain di dalam Alat Kelengkapan Dewan, masih akan dibicarakan di internal fraksi yang bakal dibentuk. Demikian juga untuk posisi kader di dalam Badan Musyawarah, Badan Anggaran, Badan Pembentukan Peraturan Daerah, Badan Kehormatan dan lainnya.

Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat Kabupaten Kutai Barat, Hendrik Bungas Nipon, berada di belakang kader partainya yang diajukan menjadi Wakil Ketua DPRD Kubar, H Aula. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Untuk AKD, akan kami bicarakan dengan lintas fraksi. Tanggal 19 dan 20 akan ada pembahasan di pansus (panitia khusus) Tatib (Tata Tertib). Semua langkah partai ini tetap harus atas persetujuan DPD (Dewan Pimpinan Daerah) dan DPP (Dewan Pimpinan Pusat),” tegas Suryadi.

Ditanya soal parpol yang bergabung dalam fraksi bersama Hanura, Suryadi mengakui sudah ada komunikasi intens dengan Partai Nasional Demokrat dan Partai Persatuan Indonesia. Tinggal menunggu keputusan dari DPP parpol masing-masing.

Menanggapi pembentukan fraksi itu, Ketua DPD Partai Nasdem Kubar, Agus Sophian mengakui telah klop dengan Hanura. Ia dan rekannya, Suharna, akan bergabung dalam fraksi bersama tiga kader Hanura di DPRD Kubar. “Hanya soal nama fraksi yang belum final, dan kita menunggu keputusan DPP Hanura,” katanya usai mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kubar, dalam acara Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Dua kader Partai Hanura, Helmianus Handian dan Yono Ristanto Gamas, di hari pertama menempati kursi Anggota DPRD Kubar, Selasa 13/8/2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Kami juga sudah sepakat bergabung bersama Hanura dan Nasdem. Tinggal nantinya membicarakan dalam fraksi, siapa-siapa yang akan duduk di AKD,” tukas Ketua DPD Partai Perindo Kubar, Darsono Edwar kepada KabarKubar dalam kesempatan yang sama.

Terpisah, Ketua DPC Partai Hanura Kubar Hendrik Bungas Nipon, menyampaikan terima kasih sebesarnya kepada masyarakat Kubar. Atas kepercayaannya kepada partai dan para kadernya di Pemilu 2019 lalu. “Jika tanpa dukungan rakyat, kami tidak bisa seperti ini (dapat tiga kursi di DPRD Kubar). Ini pencapaian terbaik Hanura di Kubar, dan kami berjanji akan mengawal kader untuk merealisasikan janji politiknya semasa kampanye,” katanya.



Dari data yang dirilis KPU Kubar, Senin 5/8/2019 dalam pertemuan di Gedung PKK Kabupaten Kubar, total suara sah di tiga Daerah Pemilihan Se-Kubar mencapai 88.625 suara. Yakni Dapil Kutai Barat 1 sebanyak 24.425 suara, Dapil Kutai Barat 2 ada 20.561 suara, dan Dapil Kutai Barat 3 berjumlah 43.639 suara.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan berhasil meraih enam kursi di DPRD Kubar dengan raihan 23.511 suara atau 26,5 persen. Disusul Partai Golkar dengan tiga kursi dari raihan 12.898 suara atau 14,5 persen. Hanura memeroleh 10.916 suara dan berhak menduduki tiga kursi DPRD Kubar. Tidak jauh selisihnya, Partai Demokrat berada di posisi ke empat dengan perolehan suara mencapai 10.437 atau 11,7 persen.  #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here