Kapolres: “Segera Kenali, Cari, Temukan Dan Atasi Serta Netralisir Potensi Kerawanan”

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Pemerintah Kabupaten Kutai Barat menyerahkan 2.520 personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) kepada Kepolisian Resor Kutai Barat. Bantuan anggota Linmas yang dulu disebut Pertahanan Sipil (Hansip) ini, sebagai Bawah Kendali Operasi. Dalam rangka Pengamanan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 mendatang.

Dari total 2.520 Hansip tersebut, terdiri 1.940 orang Linmas Kampung dan sisanya adalah Linmas Kabupaten. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Pelaksana Tugas Asisten I Sekretariat Kabupaten Kutai Barat, Misran Effendi kepada Kepala Polres Kubar, AKBP I Putu Yuni Setiawan. Dalam Apel Siaga Linmas dan Penyerahan Anggota Linmas BKO di Alun-alun Itho, Jumat 22/3/2019.



Misran Effendi menuturkan, para personil Satuan Linmas diharap dapat menjalankan perannya dengan baik. Sebagai bagian dari Tim Pengamanan Pemilu, khususnya di Kabupaten Kutai Barat. Ia berpesan kepada Polres dan Satpol PP, agar lebih memaksimalkan fungsi koordinasi dan komunikasi. Sehingga dapat saling memberikan masukan demi suksesnya pelaksanaan agenda Pemilu ini. “Terlebih dalam mensiasati kemungkinan kendala yang akan dihadapi,” ungkapnya.

Sementara Kapolres Kubar meminta penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2019 harus mampu untuk mendewasakan masyarakat dalam demokrasi. Sehingga tidak mudah terprovokasi isu-isu dengan berita bohong atau hoax. Serta mampu menunjukkan kinerja yang objektif dan transparan. “Agar Pemilu yang dilaksanakan secara umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dapat berjalan sukses,” kata AKBP I Putu Yuni Setiawan membacakan sambutan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan RI, Wiranto.

Ia juga meminta agar terjalin sinergitas antara unsur pemerintah, TNI-Polri, dan seluruh komponen masyarakat. Guna mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas pengamanan Pemilu Serentak. “Segera kenali, cari, temukan dan atasi serta netralisir potensi kerawanan. Agar tidak berkembang dan menggangu penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019,” ujarnya saat membacakan amanat dengan didampingi Komandan Kodim 0912/Kutai Barat, Letnan Kolonel Infanteri Anang Sofyan Effendi.

“Ayo berikan juga pemahaman kepada masyarakat, jangan sampai Golput. Jadilah pelopor kesadaran masyarakat terkait Pemilu,” tukas Gede Yusa, Kepala Satpol PP Provinsi Kalimantan Timur, saat pembekalan Linmas di Auditorium Aji Tulur Jejangkat.



“Mari kita bersama-sama satukan komitmen dan langkah kita, demi terselengaranya Pemilu yang yang sukses, aman, tertib dan lancar,” imbuh Nadisius, Sekretaris Satpol PP Kubar.

Apel tidak hanya diikuti personel TNI dan Polri. Tapi juga oleh personel Satpol PP, Dinas Perhubungan, Perlindungan Masyarakat, dan Satuan Pengamanan. Tampak pula anggota sejumlah organisasi kemasyarakatan, seperti Pemuda Pancasila dan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia, dan Praja Muda Karana. #Lilis Sari

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here