Operasi Lilin Mahakam 2018

Kepala Polres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan, memeriksa barisan Pasukan yang akan terlibat dalam pengamanan Operasi Lilin Mahakam 2018 di wilayah Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Kepolisian Resor Kutai Barat membentuk enam pos yang difokuskan sebagai tempat memantau keamanan dan ketertiban masyarakat. Khususnya dalam rangka perayaan Hari Raya Natal tahun 2018 dan Tahun Baru 2019 di Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu. Enam Pos Pelayanan, tiga Pos Pengamanan dan satu Pos Terpadu. Dengan 150 personel yang diperkuat TNI dan instansi terkait dari Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.



“Dari enam pos itu, dua ada di Mahulu, yakni di Kecamatan Long Bagun dan Kecamatan Long Hubung,” ujar Kepala Polres Kubar, AKBP I Putu Yuni Setiawan, usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2018, Jumat 21/12/2018 di Markas Polres Kubar.

Kapolres menjelaskan, pelayanan atau pengamanan disesuaikan jadwal perayaan Natal dan peralihan tahun baru. Direncanakan pada 30 Desember nanti, titik pengamanan di Gelanggang Olahraga Desnan. Karena ada Natal Oikumene yang digelar Pemkab Kubar dengan mengundang Pengkhotbah dan Penyanyi Rohani dari Jakarta.

“Kalau pergantian tahun, dipusatkan di beberapa titik. Karena even khusus tidak ada, hanya ada open house di rumah bapak bupati,” ujar AKBP Putu Setiawan. Ia menambahkan, kemungkinan keramaian akan ada di Taman Budaya Sendawar, Alun-alun Itho, dan gereja-gereja saat Natal dan Tahun Baru. “Mahulu tidak ada perayaan khusus. Tapi karena mayoritas Nasrani, kita akan amankan gereja-gereja,” tegasnya.

“Perlu kesiapsiagaan, dan dijaga keamanan. Januari sudah mulai Pilpres (Pemilu Presiden dan Wakil Presiden) dan Pileg (Pemilihan Legislatif). Fokus pemerintah untuk mengamankan dengan suasana yang aman dan kondusif,” tukas Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur kepada KabarKubar.

Sebelumnya, AKBP Putu Setiawan menyampaikan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi H Muhammad Tito Karnavian. Ia menyebut Natal dan Tahun Baru merupakan momen penting untuk meninjau kesiapsiagaan personel. Serta melakukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan. Guna memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan.

Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2018 melibatkan Prajurit TNI, Dinas Perhubungan dan Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.
LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Kapolri mengatakan, situasi menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun baru adalah waktu berkumpul bersama keluarga, yang dibarengi penetapan libur nasional. Lalu ada peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, mobilitas moda transportasi dan peningkatan demand terhadap kebutuhan pokok. Khususnya bahan pangan. “Kondisi ini memunculkan potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian kita bersama,” katanya.

Terhadap potensi aksi sweeping oleh organisasi kemasyarakat tertentu, Kapolri meminta perlu dilakukan imbauan kepada para tokoh ormas. Agar tidak melakukan sweeping, melainkan melaporkannya kepada pihak kepolisian. “Selanjutnya polisi segera merespon sesuai peraturan yang berlaku,” tegasnya.

Operasi Lilin 2018 di seluruh Indonesia melibatkan 167.783 personel pengamanan. Operasi kepolisian terpusat ini dilaksanakan selama 10 hari sejak tanggal 23 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019. Kecuali pada 13 Polda Prioritas I, yakni Sumut, Lampung, Banten, Metro Jaya, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, Sulut, Maluku, NTT dan Papua, digelar 12 hari sejak tanggal 21 Desember 2018.

Oleh karena itu, seluruh pemangku kepentingan perlu berkonsolidasi bersama. Sembari mengecek kesiapan pengamanan. Serta menyamakan persepsi agar pengamanan dapat berjalan lancar. Soliditas dan sinergitas itu menjadi kunci utama yang harus selalu dipelihara dan ditingkatkan.



Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2018 dihadiri Kasdim 0912/KBR Mayor Infanteri Wahyudi, Ketua DPD KNPI Kubar FX Sumardi, Perwakilan Kejari Kubar dan Pengadilan Negeri Kubar. Hadir pula Sekretaris Kecamatan Barong Tongkok, Salkus Mayang. Apel dilaksanakan dengan Inspektur Tingkat Dua Meldi Armen sebagai Komandan Upacara. #Lilis Sari

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here