KPU Kaltim Supervisi Kesiapan KPU Kubar

Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Timur melakukan monitoring dan supervisi ke Komisi Pemilihan Umum Kutai Barat, Senin 21/8/2017.REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK-KABARKUBAR.COM
Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Timur melakukan Kunjungan Kerja ke Kantor KPU Kabupaten Kutai Barat, Senin 21/8/2017. Kehadiran mereka, dalam rangka monitoring dan supervisi kesiapan KPU Kubar menghadapi tahapan Pemilihan Gubernur serta Pemilihan Umum.

Kehadiran Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Pemilu serta Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Provinsi Kaltim itu, diterima Ketua KPU Kubar Fransiskus Xaverius Irianto, Komisioner, Sekretaris, serta Staf KPU Kubar.

“Monitoring dan supervisi ini guna melihat kesiapan KPU Kubar untuk menghadapi tahapan Pilgub dan Pemilu. Apalagi Launching tahapan Pilgub akan dilaksanakan awal September 2017. Selain itu, kita juga menyampaikan beberapa informasi, terkait tahapan tersebut,” ujar Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Provinsi, Rudiansyah, usai memberikan pemaparan perihal tahapan Pilgub dan Pemilu di KPU Kubar.


Selain itu, Komisioner KPU Provinsi juga mengingatkan terkait SDM Penyelenggara. Ini harus menjadi perhatian serius, guna keberhasilan penyelenggaraan tahapan Pilgub dan Pemilu. Hasil tahapan akan lebih berkualitas, tentunya jika dilakukan dengan prinsip transparansi. Baik dalam perekrutan tenaga adhoc, perencanaan, pelaksanaan kegiatan, proses penghitungan serta rekapitulasi.

Ketua KPU Kutai Barat FX Irianto (Pakai Peci Hitam) bersama Komisioner KPU Kubar dan Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Timur, usai rapat pembahasan kesiapan menghadapi tahapan Pilgub dan Pemilu. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

“Dengan terjadinya proses pemotongan kebutuhan anggaran biaya Pilkada di tingkat provinsi, otomatis berdampak pada rasionalisasi kebutuhan anggaran di tingkat bawah. Untuk itu, kita juga akan melakukan pemetaan ulang anggaran di tingkat Kabupaten/Kota,” ungkap Ketua Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Pemilu KPU Provinsi, Moh Syamsul Hadi.

Sejauh mana komitmen Pemerintah Daerah memfasilitasi Tenaga Adhoc, juga menjadi agenda kunjungan Komisioner KPU Provinsi. Diharapkan, Pemerintah Kabupaten Kubar dapat memberikan fasilitas operasional pelaksanaan tahapan Pilgub dan Pemilu. “Kita mau melihat sudah sejauh mana hasil koordinasi KPU Daerah dengan Pemkab Kubar,” terangnya.

Ketua KPU Kubar, FX Irianto menyampaikan, pihaknya akan melakukan koordinasi terkait pembenahan persiapan Pilgub dan Pemilu. Ia mengakui, masih banyak pekerjaan menanti untuk dilakukan KPU Kubar dalam menghadapi tahapan Pilgub dan Pileg. Termasuk keterkaitan kemampuan operator dan divisi, harus disinkronkan.

“Rapor Keuangan, nantinya akan memastikan besaran anggaran KPU Kubar untuk pelaksanaan Pilgub. Menurut KPU Provinsi, tidak akan jauh dari yang dianggarkan. Namun tentunya ada rasionalisasi di beberapa pos anggaran,” pungkasnya.
Reyber Benhouser Simorangkir


Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here