Pemberi Dukungan Diharap Pro-aktif Saat Proses Verifikasi

Pasangan Martinus Herman Kenton dan H Abdul Azizs membawa beberapa kotak yang berisi dokumen dukungan perbaikan salinan KTP-Elektronik ke KPU Kubar pada Senin, 27 Juli 2020. EKILOVIS/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Barat menyatakan 4.036 salinan KTP-Elektronik harus dikumpulkan oleh Martinus Herman Kenton dan H Abdul Azizs. Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar periode 2021-2024 itu wajib menyerahkan kembali daftar dukungan calon. Sebab dari 13.720 dukungan yang diserahkan pada tahap pertama, hanya 7.452 dukungan yang memenuhi syarat.



“Tahap pertama kekurangan 4.036 dari 11.488 dukungan syarat minimal calon perseorangan maju pada Pilkada Kubar 2020,” kata Ketua KPU Kubar, Arkadius Hanye, usai menerima Martinus yang akrab disapa Nus Kenton dan Azizs pada Senin, 27 Juli 2020.

Dikatakan Arkadius Hanye, untuk syarat dukungan yang kurang atas verifikasi faktual, bisa dilakukan perbaikan dengan syarat dua kali lipat dari kekurangan. Hal itu sebagaimana tertuang dalam Pasal 57 Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan.

KPU Kabupaten Kutai Barat menerima pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar dari jalur perseorangan, Martinus Herman Kenton dan H Abdul Azizs. EKILOVIS/KABARKUBAR.COM

Dari kekurangan 4.036 salinan KTP-el, pasangan dengan jargon Gerakan Pembangunan Maju Adil Sejahtera atau Gerbang MAS harus menyerahkan 8.072 dukungan. Selama masa perbaikan yang tahapannya sejak 25 sampai 27 Juli 2020.

Berdasarkan data Sistem Informasi Pencalonan atau Silon, Gerbang MAS telah menyerahkan 10.387 dukungan perbaikan kepada KPU Kubar. Proses verifikasi administrasi dan verfak dukungan pasangan calon independen itu akan dilakukan hingga 16 Agustus 2020 nanti.



“Hari ini hingga 4 Agustus nanti kita mulai verifikasi administrasi. Kalau verifikasi faktualnya, adalah tanggal 8 sampai 16 Agustus 2020,” jelas Arkadius Hanye.

Usai menyerahkan kekurangan daftar dukungan calon, Nus Kenton optimis ia dan Azizs akan lolos ke Pilkada Kubar 2020. “Ya, ini koalisi rakyat bersatu. Saya yakin Gerbang MAS akan memehuhi syarat-syarat yang ditentukan KPU,” katanya kepada para puluhan pendukung yang mengantar ke Sekretariat KPU di Kompleks Perkantoran Pemkab Kubar, Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok.

Pasangan dengan jargon Gerbang MAS, menyerahkan dokumen untuk memenuhi syarat yang ditentukan KPU Kubar. EKILOVIS/KABARKUBAR.COM

Nus Kenton berharap, masyarakat Kubar yang telah memberikan dukungan, agar pro-aktif saat proses verifikasi dilakukan KPU Kubar. Gerbang MAS telah menyiapkan layanan Call Center agar masyarakat dapat menghubungi jika ada informasi kurang jelas.

“Kita harap proses verifikasi ini dapat berlangsung dengan lancar sesuai peraturan yang berlaku. Percayakan proses sepenuhnya kepada pihak penyelenggara pemilu,” imbuh Azizs.



Sejumlah tokoh tampak hadir mendampingi pasangan Gerbang Mas. Antara lain, Alsiyus, Henru Wisli, Johan, Ade Oktavianus, Soin, Henrik, Yunanto, Vinus, dan Gabriel Bien. “Semoga nanti Cabup (calon bupati) ini membawa perubahan,” kata Betson Ding, warga RT 3 Kampung Geleo Baru, Kecamatan Barong Tongkok. #Ekilovis

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here