Jumat Bersih Jadi Salah Satu Program Penanggulangan Sampah Setiap Pekan

Kapolres Kutai Barat, AKBP I Putu Yuni Setiawan, menyerahkan alat kebersihan kepada personel TNI, Polri dan Satpol PP, dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Kamis 21/2/2019. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Meski berada di dataran tinggi, kawasan Kota Sendawar yang meliputi tiga kecamatan kerap digenangi air. Bahkan di beberapa sudut tampak banjir. Untuk itu, masyarakat diminta agar lebih baik dalam mengelola sampah. Agar terhindar dari bencana banjir, dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

“Perlu penanganan khusus dan serius untuk mengelola sampah dengan baik,” ujar Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat, AKBP I Putu Yuni Setiawan, dalam upacara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2019, di Tempat Pembuangan Akhir Belaw, Dusun Gesaliq Kampung Balok Asa, Kecamatan Barong Tongkok.



Dalam upacara yang diikuti perwakilan seluruh Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Kutai Barat itu, Kapolres memberi penjelasan. Jika setiap hari sampah menumpuk hingga berkilogram, tidak hanya merusak kesehatan. Namun merusak lingkungan, hingga berakibat banjir.

“Maka dari itu, perlu dan harusnya dimulai dari kesadaran masyarakat itu sendiri. Dan kembali kepada diri kita sendiri. Agar tidak membuang sampah sembarangan, dan ini menjadi tanggung jawab kita semua,” tegasnya pada peringatan HPSN, Kamis 21/2/2019 yang bertema ‘Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih Sehat Dan Bernilai’.

Dihadiri juga Komandan Kodim 0912/Kutai Barat, Letnan Kolonel Infanteri Anang Sofyan Effendi, AKBP Putu Setiawan mengakui sampah bisa berfungsi atau bermanfaat. Atau bisa dipergunakan orang yang mempunyai pemikiran, ide dan tangan kreatif. Bahkan merupakan peluang besar.

“Sampah daur ulang dapat dikelola dan digunakan kembali. Dan masalah sampah tidak boleh lagi menggantungkan kepada pihak kebersihan atau pemerintah,” pesannya kepada ratusan peserta upacara yang diikuti juga personel TNI dan Polri, serta anggota Satpol PP.



Sementara Asisten I Setkab Kubar, Asranie B mengatakan, Pemkab Kubar telah melakukan terobosan yang sangat baik. Lewat ‘Jumat Bersih’ dengan sasaran membersihkan lingkungan pada setiap pekan dan mengundang seluruh instansi. “Saya imbau agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya, dan jangan membuang ke dalam sungai atau pun hutan. Harus benar-benar mengelola sampah dengan baik,” katanya.

“Kami selalu bersinergi dengan Polri dan Pemda, bersama-sama wujudkan program yang bisa diandalkan, yaitu dalam ‘Jumat Bersih’. Yang paling penting ialah kesadaran masyarakat sendiri, tanpa itu kegiatan tidak akan ada artinya,” tutur Letkol Infanteri Anang Sofyan Effendi. #Lilis Sari

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here