Sengketa Kampung Abit-Sebelang-Tanjung Pagar Belum Tuntas

Plt Camat Mook Manaar Bulatn, Rusmansyah, saat menghadiri Rapat Expose Hasil Pelacakan Antara Kampung Abit dengan Kampung Sebelang dan Kampung Tanjung Pagar, di Kantor Bupati Kubar, Selasa 10/10/2017. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MOOK MANAAR BULATN – KABARKUBAR.COM
Pemerintah Kecamatan Mook Manaar Bulatn berupaya menuntaskan masalah tapal batas di wilayah kerjanya pada tahun 2018 nanti. Tidak hanya tapal batas di 16 kampung, tapi juga antar kampung yang berbatasan dengan Kecamatan Muara Pahu. Selain tertib administrasi, juga mengantisipasi timbulknya konflik antar warga.

Menurut Pelaksana Tugas Camat Mook Manaar Bulatn, Rusmansyah, masalah tapal batas gencar dibahas bersama para kepala kampung atau petinggi. Kepala adat dan Badan Perwakilan Kampung juga dilibatkan. “Ini (soal tapal batas) sangat penting, karena bahaya, bisa membuat konflik di tengah masyarakat,” ujarnya, Jumat 17/11/2017 di ruang kerjanya, Jalan Mangku Aji, Kampung Gunung Rampah.

Jika tapal batas kampung telah tuntas dan tertata baik, akan mengurangi konflik-konflik yang selama ini terjadi. Ia berharap, para petinggi dan seluruh pengurus kampung memerhatikan apa yang ingin dicapai terkait tapal batas. “Sudah ada beberapa kampung melaporkan soal tapal batas, dan semoga tahun 2018 tapal batas antar kampung bisa terselesaikan,” kata Rusmansyah.

Pelaksana Tugas Camat Mook Manaar Bulatn, Rusmansyah. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Dijelaskan Rusmansyah, tapal batas tidak menghilangkan hak masyarakat atas lahannya. Juga bukan adanya kepentingan dengan hadirnya sejumlah perusahaan di wilayah kampung yang bersengketa. “Masyarakat tidak hilang haknya, jutru supaya mudah urusannya,” tegasnya.

“Muara Pahu jangan mengambil ke seberang Sungai Mahakam. Itu usulan kami ke Pemkab Kubar, agar diputuskan begitu,” ucap Rusmansyah, terkait sengketa tapal batas Kampung Abit dengan Kampung Sebelang di Kecamatan Muara Pahu.

Masyarakat Kampung Abit Kecamatan Mook Manaar Bulatn, dan Kampung Sebelang serta Kampung Tanjung Pagar di Kecamatan Muara Pahu, membahas soal tapal batas di Kantor Bupati Kubar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Sebelumnya telah diadakan rapat pembahasan tapal batas 3 kampung di wilayah Mook Manaar Bulatn dan Muara Pahu. Rapat Expose Hasil Pelacakan Antara Kampung Abit dengan Kampung Sebelang dan Kampung Tanjung Pagar, di Kantor Bupati Kubar, Selasa 10/10/2017. Aparatur pemerintahan 3 kampung menyepakati persoalan tersebut diserahkan untuk diurus Pemkab Kubar. Dan mereka akan menyerahkan semua data tapal batas masing-masing kampung kepada Pemkab Kubar untuk dipelajari lebih lanjut.

Rapat dihadiri juga Rusmansyah, Sekretaris Camat Muara Pahu Asrin Surianto dan Staf Bagian Pemerintahan Frengky Yordan. Tampak juga  Kasi Pemerintahan Mook Manaar Bulatn Rosalina Berty, Kepala Adat Mook Manaar Bulatn Ardiansyah, Kasi Pemerintahan Muara Pahu Siswaya, Kepala Adat Muara Pahu Awang Baharudin, Pelda S. Efendi dari Koramil 0912-12/Melak dan Brigpol Patrianus Nova  dari Polsek Melak.  #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here