Agar Mampu Menangani Hama Dan Penyakit Yang Menyerang Tanaman

LONG IRAM – KABARKUBAR.COM
Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Barat melaksanakan Pelatihan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu di Kecamatan Long Iram dan Kecamatan Tering. Digelar 18-19 April 2018 ini, SLPHT diikuti 40 peserta yang merupakan utusan Kelompok Tani dan Penyuluh Pertanian di dua kecamatan tersebut.

Menurut Sekretaris Distan Kubar, H Nanang Adriani, pelatihan ini difokuskan pada tanaman padi dan cabai. Bertujuan menambah pengetahuan dan kemampuan petani dan penyuluh pertanian, agar mampu menangani hama dan penyakit yang menyerang padi dan cabai.

“Sekolah lapang ini dilaksanakan dengan mengundang Dosen Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman  sebagai pemateri,” jelas H Nanang Adriani saat membuka SLPHT, Rabu 18/4/2018 di Aula Kantor Kecamatan Long Iram.

Dijelaskan H Nanang Adriani, dalam pelatihan peserta diajarkan beberapa organisme pengganggu tanaman baik pada padi dan cabai. Setelah mendengarkan pemaparan, para peserta akan langsung melaksanakan praktek pengamatan hama. Yang terdapat pada lahan telah disiapkan. Sehingga para peserta dapat mendeskripsikan secara langsung hama yang terdapat pada lahan tersebut.

“Setelah itu peserta juga akan mempraktekkan secara langsung cara pembuatan pestisida nabati dengan bahan dasar yang terdapat di sekitar kita,” pungkasnya dalam kegiatan yang dihadiri Camat Long Iram, Burhan.

Ditambahkan Kepala Seksi Perlindungan dan Pembenihan Tanaman Pangan, Saljuniyanti, SLPHT ini bertujuan untuk menambah pengetahuan petani. Khususnya mengenai penanganan hama pada tanaman padi dan cabai. “Agar petani dan penyuluh mampu menangani hama dengan tepat sasaran,” katanya.

Diungkapkan Saljuniyanti, saat ini terdapat 180 unit SLPHT yang terbentuk sejak 1997 di Provinsi Kalimantan Timur. Jumlah alumni mencapai 4.500 orang dan  tersebar di 10 kabupaten dan kota. Petani SLPHT diajarkan mengolah bahan-bahan tanaman di sekitar lahan menjadi pupuk dan obat-obatan alami. Untuk menciptakan pertanian yang sehat tanpa pupuk kimia dan racun serangga. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here