Belempung Asri Akan Dibangun 213 Unit Rumah

Perumahan Belempung Asri akan dibangun 213 unit rumah bertipe 36/90 yang ditawarkan dengan harga Rp153 juta perunit dengan cicilan sampai selama 15 tahun. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Perusahaan Daerah Witelteram telah mulai membangun tiga unit rumah sederhan di lokasi Perumahan Belempung Asri. Itu menjadi rumah percontohan dari 213 unit yang akan dibangun di atas lahan seluas 38.362 meter persegi. Ditawarkan seharga Rp153 juta per unit dengan subsidi dari pemerintah, bisa dicicil hingga selama 15 tahun.

Diungkapkan Direktur Utama Perusda Witelteram, perumahan tersebut ditawarkan dengan pola Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Diperuntukkan bagi masyarakat Kabupaten Kutai Barat yang berpenghasilan di bawah Rp 4,5 juta. “Ini rumah bersubsidi dengan tipe 36/90 yang akan disertai SHM (Sertifikat Hak Milik) dan IMB (Izin Mendirikan Bangunan),” katanya saat mengadakan Syukuran Pembangunan Belempung Asri, Kamis 15/8/2019 siang.



Di lokasi Belempung Asri yang terletak di wilayah RT 2 Kampung Belempung Ulaq, Kecamatan Barong Tongkok, Eric Lenyoq menjelaskan pola kepemilikan. Warga Kubar dapat memiliki rumah dengan membayar uang muka atau Down Payment sebesar tiga sampai lima persen dari harga kontan. “Jadi DP sekitar Rp7.600.000, dengan cicilan sekitar Rp1.400.000 perbulan,” ujarnya.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Witelteram, Syachran Eric Lenyoq, saat meninjau pembangunan tiga unit rumah di Perumahan Belempung Asri, Kamis 15/8/2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Untuk ketetapan harga, Eric Lenyoq menyebut masih menunggu keputusan dari Bank Tabungan Negara (BTN) Perwakilan Kaltim selaku Perusahaan Pembiayaan. Sebab harga jual unit rumah juga ada kenaikan setiap tahun. Jika tahun lalu Rp142 juta, tahun ini Rp153 juta, dan tahun depan akan naik menjadi Rp164 juta. “Kita tunggu keputusan BTN soal besar cicilan,” jelasnya.

Dengan PT Belempung Jaya Perkasa sebagai pihak Pengembang atau Developer, perumahan disebut sesuai program Presiden Joko Widodo, yaitu Program Sejuta Rumah Murah. Ditujukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR. “Meski murah, desain rumahnya sangat menarik, berkelas dengan model minimalis dan moderen,” katanya.

Setiap kavling atau lahan berukuran 90 meter persegi, akan dibangun rumah dengan dua kamar tidur, 1 dapur dan 1 ruang tamu. Dilengkapi kamar mandi dan toilet, juga garasi untuk kendaraan roda dua dan tiga. Sedangkan struktur bangunan akan memakai batu gunung sebagai pondasi, dinding dari batako dan berlantai keramik ukuran 40×40 centimeter. Pintu, rangka atap dan kusen terbuat dari kayu. Sedangkan material atap berbahan seng.



Ditanya fasilitas pendukung lainnya, Eric mengaku akan segera dibangun sebuah perguruan tinggi tepat di batas lahan perumahan tersebut. Kampus Universitas Sendawar yang dimiliki Yayasan Universitas Sendawar, akan membuat kawasan tersebut bertambah ramai. Sebab sebelumnya telah berdiri Gedung Pusat Kekristenan atau Christian Center yang berjarak hanya ratusan meter dari lahan Perumahan Witelteram.

“Akan dibangun juga jalan tembus dari Jalan Poros Belempung-Melak menuju Perkantoran Bupati Kubar. Jadi di lokasi itu akan sangat ramai, karena juga dekat ke Katolik Center. Dan hanya sekitar 5 menit perjalanan menuju Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar,” jelas Eric yang pernah duduk sebagai Anggota DPRD Kubar periode 2004-2009.

Bagi yang berminat memiliki rumah sederhana tersebut, Eric mempersilahkan datang ke Kantor Perusda Witelteam. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here