Kwarcab Kubar Peringati HUT Gerakan Pramuka Ke- 56

Peringatan HUT Pramuka ke-56 di halaman Kantor Bupati Kutai Barat, menampilkan semangat patriotisme tinggi dari para anggota Pramuka Kwartir Cabang Kubar. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

BARONGTONGKOK-KABARKUBAR.COM
Tindakan nyata Praja Muda Karana Kwartir Cabang Kutai Barat mendapat apresiasi dan pujian yang cukup tinggi dari Wakil Bupati Kutai Barat, Edyanto Arkan. Bantuan Pramuka terhadap bencana banjir di Kubar yang terjadi awal 2017, telah membuat orang nomor dua Pemkab Kubar itu kagum dan terharu.



“Awal 2017, Ketika banjir melanda Kutai Barat, Pramuka datang keDapur Umum turut memberi pertolongan dan bantuan materil. Saya sangat bangga dan terharu melihatnya. Sampai kini, saya tetap ingat peristiwa itu. Semoga semangat seperti ini tetap direalisasikan,”ungkap Wakil Bupati Kubar, Edyanto Arkan di sela Peringatan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke-56, Senin 14/8/2017.

Pelaksanaan peringatan HUT Gerakan Pramuka ke-56 itu, dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kutai Barat. Mengambil tema ‘Bekerja untuk Kaum Muda, Mewariskan yang terbaik bagi Bangsa’. Pada acara tersebut, Wakil Bupati Kubar yang juga Ketua Majelis Pembimbing Pramuka Kwarcab Kubar, bertindak sebagai Pembina Upacara.

“Kepedulian Pemerintah terhadap Pramuka sangat besar. Hal itu tampak dengan ditetapkannya Gerakan Pramuka sebagai organisasi yang resmi, sesuai dengan Undang-undang Nomor 12 tahun 2010. Misi Pramuka itu sendiri, membantu pemerintah dan masyarakat indonesia. Terutama melauli jalan kepanduan berdasarkan Pancasila,” terang Wabup.

Wakil Bupati Kutai Barat, Edyanto Arkan, bersama para Kakak Pramuka Kwartir Cabang Kubar, mengingatkan para anggota Pramuka waspada terhadap peredaran Narkotika dan Obat-obatan Terlarang. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Dalam rumusan Kongres Pemuda II, lanjut Wabup, yakni pada 27-28 oktober 1928 di Jakarta, yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda, merupakan momentum penting perjuangan. Pramuka merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perjuangan besar bagi bangsa indonesia, untuk merdeka, bebas dari belenggu Belanda. “Gerakan Pramuka hadir sebagai organisasi yang menyelamatkan kualitas generasi muda. Membangun karakter muda yang tangguh dan berkepribadian,” katanya.

Ediyanto juga berpesan, agar Pramuka dapat lebih meningkatkan pengabdiannya. Khususnya di tengah-tengah pembangunan yang sedang dilaksanakan. Melalui kegiatan kepanduan, Pramuka diharapkan akan membentuk generasi yang berbudi pekerti luhur. “Pemkab Kubar juga akan memberikan ruang menciptakan generasi yang kreatif,” sebutnya.

Hari peringatan HUT Gerakan Pramuka juga diisi dengan antraksi gerakan Semaphore. Yakni gerakan simbol Pramuka, yang dipersembahkan tim Pramuka dari Madrasah Tsanawiyah Darud Dakwah Wal Irsyad Tering.
Reyber Benhouser Simorangkir



Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here