Tingkatkan Hasil Pertanian Demi Wujudkan Swasembaga Pangan

Sosialisasi Program Kegiatan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian di Wilayah Mahulu tahun 2018, diadakan di Balai Adat Kampung Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun, Rabu 21/3/2018. DING LIE/KABARKUBAR.COM

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM
Dengan luas wilayah mencapai 15.315 kilometer persegi, Mahakam Ulu memiliki potensi besar di sektor pertanian. Hanya saja, potensi itu masih membutuhkan perhatian khusus dari para pihak terkait. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu berupaya membantu meningkatkan hasil panen para petani. Kemarin, kelompok tani di 5 kecamatan mendapat hibah 11 Kultivator mini dan 2 unit pompa air.

Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, bantuan peningkatan hasil tani itu diserahkan secara simbolie oleh empat ‘petinggi’ Mahulu. Yakni Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, Wakil Bupati Mahulu Juan Jenau dan Sekretaris Kabupaten Mahulu Yohanes Avun. Dalam acara Sosialisasi Program Kegiatan Disketapangtan di Wilayah Mahulu tahun 2018. Yang diadakan di Balai Adat Kampung Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun, Rabu 21/3/2018.

Dalam acara yang dihadiri sekitar 150 orang itu, bupati mengatakan, Kabupaten Mahulu memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Namun masyarakat belum mampu mengolah dengan maksimal. “Saya berpesan untuk menjaga dan mempergunakan alat tersebut, agar mendapatkan hasil pertanian yang maksimal,” pesan Bonifasius terkait bantuan alat pertanian tersebut.

Acara yang dirangkai penyerahan bantuan alat pertanian berupa 11 Kultivator mini dan 2 unit pompa air, dihadiri juga sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Mahulu. DING LIE/KABARKUBAR.COM

Wujud swasembada pangan di Mahulu diminta segera ditingkatkan. Sebab wilayah Mahulu sangatlah rawan terjadi kekurangan pangan, khususnya beras dan sayuran. “Program ketahanan pangan harus kita tingkatkan demi terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Mahulu,” pesan Bonifasius.

Acara tersebut dihadiri juga sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Mahulu. Antara lain, Kepala Kepala BP4D Stefanus Madang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Disketapangtan Syarifudin, dan perwakilan kelompok tani penerima bantuan.

Dari TNI dihadiri Perwira Penghubung Komando Distrik Militer 0912/KBR, Kapten Infanteri Suli Hartoyo. Dan dari Kepolisian Sektor Long Bagun diwakili Inspektur Satu Juan. #Ding Lie

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here