Sempat Buang Barang Bukti

JEMPANG – KABARKUBAR.COM
Entah apa di pikiran ARB (34), hingga menukar 30 kilogram ikan asin hasil jerih payahnya dengan narkotika jenis Sabu. Ia yang berprofesi sebagai nelayan di Danau Jempang dan Sungai Mahakam ini terpaksa harus mendekam di ruang tahanan Kepolisian Resor Kutai Barat. Sabtu 14/7/2018 lalu, ia diringkus oleh Tim Buru Sergap Satuan Reserse Narkoba Polres Kubar di Kampung Tanjung Isuy, Kecamatan Jempang.

Diungkapkan Kepala Polres Kubar, Ajun Komisaris Besar Polisi I Putu Yuni Setiawan, ARB dibekuk di pinggir jalan kampung, tepatnya di wilayah RT 10 Kampung Tanjung Isuy. ARB yang tercatat beralamat di Jalan Kampung Lama RT 12 Desa Jantur, Kecamatan Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara, dibekuk sekira jam 3 sore.



Berawal dari informasi masyarakat yang diterima Polisi, jika ARB akan melakukan transaksi narkotika jenis sabu. Kemudian empat anggota Tim Buser Satresnarkoba turun melakukan penyidikan ke lokasi yang disebutkan. “Saat melihat ARB, anggota pun mengikuti. Ketika dia berhenti di pinggir jalan dan mengambil sesuatu dari atas tanah, langsung kami tangkap,” bebernya melalui Kepala Satresnarkoba Polres Kubar, Ajun Komisaris Polisi Jamhari, Jumat 20/7/2018 di ruang kerja.

Dijelaskan AKP Jamhari, anggota melihat ARB membuang sesuatu yang sempat diambilnya dari atas tanah itu. Saat ditangkap, Polisi meminta ARB mengambil barang yang sempat dibuangnya itu. Ternyata adalah satu bungkus bekas rokok Sampoerna Avolution yang setelah dibuka di dalamnya terdapat selembar kertas aluminium foil warna merah. Di dalam aluminium foil tersebut terdapat dua poket Sabu seberat 0,8 gram.



“Tersangka ini mengaku Sabu itu didapat seseorang berinisial KD, sebagai pengganti harga 30 kilogram ikan asin yang telah diserahkannya,” ungkap mantan Kepala Kepolisian Sektor Damai ini. Tersangka dan barang bukti, termasuk satu unit telepon genggam merk Samsung J2 warna perak dibawa dan diamankan di Polres Kubar guna proses penyelidikan lebih lanjut.

ARB terancam dihukum 15 tahun penjara. Karena disangkakan Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika. #Soner Klend Sabbath Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here