Sempat Coba Menabrak Anggota Polsek Siluq Ngurai

Barang bukti satu unit mobil Toyota Avanza Veloz KT 1924 MN yang dibawa kabur MY (18) dari Kecamatan Muara Ancalong, Kabupaten Kutai Timur. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BENTIAN BESAR – KABARKUBAR.COM

Tim Buru Sergap Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kutai Barat berhasil membekuk M Yusuf (28), Jumat 27/4/2018 di Kampung Dilang Puti Kecamatan Bentian Besar. Penjahat yang melarikan mobil warga Kecamatan Muara Ancalong, Kabupaten Kutai Timur ini ditangkap setelah dikejar sejauh sekitar 40 kilometer. Dikejar hingga sekitar 100 meter ke dalam belukar, akhirnya pelaku menyerah.

Menurut Kepala Polres Kubar, Ajun Komisaris Besar Polisi I Putu Yuni Setiawan, MY diburu setelah ada permintaan dari Polsek Muara Ancalong wilayah Polres Kutai Timur. Informasinya, pelaku melarikan mobil Toyota Avanza Veloz KT 1924 MN warna hitam milik warga Muara Ancalong. Atas permintaan bantuan pada Kamis 26/4/2018 itu, Satreskrim Polres Kubar memerintahkan Tim Buser untuk mencari MY.

“Kami menerima informasi bahwa pelaku kemungkinan lari menuju wilayah Polres Kubar. Maka Tim Buser dan seluruh jajaran di sektor, khususnya yang wilayahnya perlintasan agar memantau. Kita tidak mau wilayah hukum kita menjadi tempat pelarian pelaku tindak pidana,” ujarnya melalui Kepala Satreskrim Polres Kubar, AKP Rido Doly Kristian Sigalingging, Senin 30/4/2018 di ruang kerja.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Kutai Barat, AKP Rido Doly Kristian Sigalingging dan anggotanya, menyerahkan pelaku penggelapan mobil kepada personel Polsek Muara Wahau wilayah Polres Kutai Timur, Minggu 29/4/2018 di Mako Polres Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Rido Sigalingging membeberkan, anggota Kepolisian Sektor Siluq Ngurai yang menerima informasi ikut memantau. Jumat malam sekira pukul 20.15 Wita, mobil dimaksud hendak melintas di Jalan Poros Kubar-Samarinda, tepatnya di wilayah Kampung Muhur Kecamatan Siluq Ngurai. “Saat dihentikan, mobil tidak mau berhenti, bahkan tancap gas. Anggota kita yang sedang bertugas pun hampir tertabrak jika tidak cepat melompat ke pinggir jalan,” katanya.

Tidak mau kehilangan buruan, Tim Buser segera meluncur dan mengejar pelaku yang diperkirakan akan berbelok ke arah Provinsi Kalimantan Tengah. Benar saja, mobil diketahui masuk dari simpang Kalteng di Desa Dingin Kecamatan Muara Lawa. Di tengah gelapnya malam, Polisi pun mengejar pelaku yang melajukan mobil ke arah Kecamatan Bentian Besar.

“Sekitar 8 kilometer dari Mako Polsek Bentian Besar, pelaku meninggalkan mobil di tepi jalan. Tim Buser masuk mengejar ke dalam belukar, dan menangkap pelaku di dalam hutan yang gelap,” jelas AKP Rido Sigalingging.

Pelaku yang sehari-hari bekerja sebagai buruh itu akhirnya digelandang ke Mako Polres Kubar di Jalan Gajahmada Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok. Kemudian Polres Kubar menghubungi Polsek Muara Ancalong untuk menjemput MY dan mobil yang dilarikannya. Pelaku terancam menjalani hukuman kurungan selama 9 tahun. Karena disangkakan Pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here