Optimis 30 November 2017 Sudah Tuntaskan Penelitian Administrasi

 Sekretariat KPU Kubar, Jalan Sendawar Raya II Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok. DOKUMEN KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Atas putusan Badan Pengawas Pemilu RI, KPU diperintahkan menerima dan memeriksa kembali kelengkapan berkas 9 partai politik. KPU diminta melaksanakan putusan 3 hari kerja sejak pembacaan putusan dibacakan, Rabu 15/11/2017 lalu. Kondisi di KPU Kabupaten Kutai Barat, 2 dari 9 parpol tersebut telah dinyatakan tuntas, alias tidak perlu melaporkan lagi kepengurusannya.

Perintah Bawaslu tersebut ditindaklanjuti oleh KPU RI dengan menerbitkan sebuah peraturan sekaligus perintah bagi internal KPU. Yakni, Keputusan KPU RI Nomor: 205/HK.03.1-Kpt/03/KPU/XI/2017 Tentang Tata Cara Pendaftaran Dan Pemeriksaan Dokumen Persyaratan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 Pasca Putusan Bawaslu RI.

Menurut Divisi Hukum KPU Kubar, Arkadius Hanye, 9 parpol tersebut adalah PKPI (Versi AM Hendropriyono), PBB, Idaman, Partai Bhinneka, PPPI, Partai Republik, Partai Rakyat, Parsindo, dan PIKA. Namun yang telah melaporkan kepengurusannya pada periode tanggal 3-16 Oktober 2017 lalu, hanya ada 5 parpol. Yakni PKPI, Republik, Idaman, Parsindo dan PIKA.

Komisioner KPU Kubar, Arkadius Hanye, saat menerima berkas administrasi dari Sekretaris DPD Partai Berkarya Kubar, Kristanency Florida, Jumat 13 Oktober 2017 lalu. DOKUMEN KABARKUBAR.COM

“Nah, untuk PKPI dan PIKA tidak perlu lagi melaporkan lagi kepengurusan atau keanggotaannya. Karena datanya sudah memenuhi syarat saat masa pendaftaran parpol selama 2 pekan lalu,” kata Arkadius Hanye, Jumat 24/11/2017 di Sekretariat KPU Kubar, Jalan Sendawar Raya II Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok.

Dijelaskan Arkadius Hanye, kedua parpol tadi bisa melapor jika memiliki data baru yang ingin disampaikan. Dari konfirmasi kedua parpol, tidak ada data baru yang akan diinformasikan ke KPU Kubar. Oleh itu, KPU Kubar langsung melaksanakan pemeriksaan dokumen, dan telah selesai sebagaimana jadwal tahapan pada tanggal 20-22 November 2017.

“Kami menunggu arahan KPU RI, untuk penelitian administrasi. Tahapannya dari 21-30 November ini. Kami optimis tanggal 30 ini sudah tuntas,” tegas pria yang pernah bekerja sebagai Supervisor di perusahaan tambang emas PT Kelian Equatorial Mining. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here