Denasius: “Tidak perlu berkecil hati bersekolah di sekolah swasta”

Camat Barong Tongkok, Denasius, juga merupakan alumni SMA Surya Mandala tahun 1989 yang menjadi pengajar di sekolah tersebut sejak tahun 2000. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sekolah Menengah Atas Surya Mandala, sudah mencetak banyak tokoh penting di Kabupaten Kutai Barat. Sejak berdiri pada tahun 1985, sekolah ini telah menjadi jalan bagi putra-putri ‘Tanaa Purai Ngeriman’ untuk meraih cita-cita. Meski telah 35 tahun berkiprah, sekolah ini tetap berstatus swasta.

Menurut Camat Barong Tongkok, Denasius, pernah ada wacana untuk merubah status sekolah tersebut menjadi negeri. Sebab kala itu, baru satu sekolah sederajat yang berstatus negeri di Kecamatan Barong Tongkok.



“Waktu itu Pak Rama (Bupati Kutai Barat, Rama Alexander Asia) menyarankan sekolah ini tetap swasta. Agar ada penyeimbang bagi sekolah negeri di Kubar, khususnya Barong Tongkok,” ungkapnya pada Rabu, 5 Agustus 2020 di ruang kerja.

Denasius yang lulusan SMA Surya Mandala tahun 1989, menilai saat ini penerimaan murid baru tidak lagi menjadi persoalan seperti sebelumnya. Sebab dengan sistem zonasi yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sekolah tidak akan kekurangan murid.

“Tidak ada lagi istilah sekolah unggulan. Karena sistem zonasi akan membuat sekolah setempat terisi. Calon siswa yang tidak diterima di sekolah negeri, mau kemana kalau tidak ada sekolah swasta di zona yang dibatasi jarak 3 kilometer,” katanya.

SMA Surya Mandala melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada siang hari, dan pagi harinya gedung sekolah digunakan SMK Surya Mandala. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Soal kualitas sekolah, Denasius menegaskan bukan masalah status swasta atau negeri menjadi penentu. Pintarnya siswa juga bergantung pribadi masing-masing, dengan didorong kompetensi para tenaga pengajar. Kompetensi guru di SMA Surya Mandala sendiri diakui sudah bagus. Masing-masing bidang studi ditangani guru berlatarbelakang pendidikan terkait.

“Tidak perlu berkecil hati di sekolah swasta. Tahun lalu lulusan SMA Surya Mandala menjadi yang terbaik di Kubar. Karena guru bahasa inggrisnya dari jurusan bahasa inggris, dan begitu juga guru lainnya,” kata pria yang sejak tahun 2000 menjadi guru di SMA Surya Mandala yang beralamat di Jalan Awang Long Senopati RT 15, Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok.

 

Saat ini ada 10 sekolah setingkat SMA di Kecamatan Barong Tongkok. Yakni:

NAMA SEKOLAH NPSN STATUS ALAMAT
SMA Advent Sendawar 69875543 Swasta Jalan Juaq Asa, RT 1 Kampung Juaq Asa
Madrasah Aliyah Subulussalam 30315171 Swasta Jalan Hasanuddin, RT 2 Kelurahan Simpang Raya

 

SMA Negeri 2 Sendawar 30400554 Negeri Jalan Pendidikan, RT 15 Kelurahan Simpang Raya
SMK Negeri 2 Sendawar 30400556 Negeri Jalan Pendidikan, RT 15 Kelurahan Simpang Raya
SMA Negeri 4 Sendawar 69786405 Negeri Jalan Munaan Ore, Kampung Muara Asa
SMA Surya Mandala 30400558 Swasta Jalan Awang Long Senopati, Kelurahan Barong Tongkok
SMK Surya Mandala 30402393 Swasta Jalan Awang Long Senopati, Kelurahan Barong Tongkok
SMK Purnama 1 30400570 Swasta Jalan Pattimura, Kelurahan Barong Tongkok
SMK Negeri 3 Sendawar 30406232 Negeri Jalan Pelajar RT 9 Kampung Ngenyan Asa
SMK Katolik 1 Santo Yosep 002 30400572 Swasta Jalan DR Soetomo, RT 2 Kelurahan Barong Tongkok

 

Diakuinya, SMA Surya Mandala disokong penuh pemerintah daerah. Terutama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang memang telah mengambil alih wewenang seluruh SMA dan sederajat. Penempatan guru, bantuan keuangan untuk pembangunan dan lainnya, tidak jauh beda dengan sekolah negeri.

“Laboratorium bahasa dibangun sama seperti di sekolah negeri. Jadi sekolah swasta dapat bertahan dan mencetak generasi bangsa tanpa kekhawatiran seperti dulu. Pemkab Kubar juga tidak lepas tangan, meski wewenangnya hanya pendidikan dasar (PAUD, TK, SD dan SMP),” tegas Denasius.



SMA Surya Mandala di bawah naungan Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional: 30400558. Surat Keputusan Pendirian bernomor : 3916/126-2A-LE-1986, mengantongi Akreditasi C lewat SK Akreditasi bernomor: 048/BAP-SM/HK/XI/2016 tertanggal 21 Oktober 2016.

Berdiri di atas lahan seluas 6.660 meter persegi, sekolah ini memiliki 12 rombongan belajar. Waktu belajar pada siang hari. Pagi harinya, gedung sekolah digunakan untuk siswa-siswi SMK Surya Mandala. #Sonny Lee Hutagalung

Komentar Anda

Komentar

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here