Tahun 2020 Ditargetkan Jadi Karang Taruna Berkembang

Karang Taruna bersama Dinas Sosial dan Taruna Siaga Bencana, bergotongroyong menanami jagung sebagai percontohan bagi 210 Karang Taruna se-Kabupaten Kutai Barat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Karang Taruna Kabupaten Kutai Barat menanami lahan seluas 3.750 meter persegi dengan komoditi Jagung. Lahan yang sedianya dibangun Gedung Pemuda itu, terletak di tepi Jalan Sendawar Raya, Kelurahan Barong Tongkok, adalah milik organisasi kepemudaan ini. Penanaman jagung bersama Dinas Sosial Kubar ini adalah sebagai contoh sekaligus membangkitkan geliat pergerakan karang taruna di seluruh Kubar.

Menurut Ketua Karang Taruna Kabupaten, Arminsyah Sumardi Teso, penanaman jagung ini menjadi bagian dari upaya menuju Karang Taruna Mandiri di tahun 2020. Sebab saat ini Karang Taruna di Kubar masih dalam tahap Tumbuh. Dan karena masih dalam proses sosialisasi, pendataan dan pembinaan. Sedangkan Karang Taruna ada tiga tahap atau proses. Yakni Tumbuh, Berkembang dan Mandiri.

“Di tahun 2019, kita ingin 210 Karang Taruna harus jadi Karang Taruna Berkembang,” katanya saat jeda Menanam Jagung di Kebun Karang Taruna Kreatif (KarangTatif), Kamis 11/10/2018 pagi tadi.



Dijelaskannya, Karang Taruna yang terbentuk di 190 kampung, 4 kelurahan, 16 kecamatan ditambah kabupaten akan dilatih dan dibina oleh pemerintah. Melalui Dissos Kubar akan mengembangkan Usaha Ekonomi Produktif. Penanaman jagung ini akan diikuti Karang Taruna Kampung Bangun Sari seluas dua hektare di Rapak Oros.

Diharapkan setelah punya pengalaman, pemuda akan tahu usaha apa yang akan dikembangkan. Misalnya, jika ingin mengembangkan usaha budidaya perikanan, akan dilatih oleh Dinas Perikanan Kubar. Lalu Dissos akan beri surat keterangan bahwa Karang Taruna tersebut telah dilatih, lalu dilakukan pembinaan selanjutnya.

Lahan Gedung Pemuda berukuran 50 x 75 meter yang terletak di samping Sekretariat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, ditanami jagung dengan bibit sebanyak 2 kilogram. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

“Kita akan usulkan bantuan dana ke Pemkab Kubar, untuk disalurkan ke rekening kelompok Karang Taruna. Bisa untuk membeli bibit, pakanm dan pengadaan keramba. Pembinaan ini sangat didukung oleh bupati (Bupati Kutai Barat, FX Yapan), karena sesuai juga visi dan misi beliau,” kata Arminsyah Sumardi Teso.

Sementara Kepala Dissos Kubar, Rinatang, mengaku dasar kegiatan ini untuk menyatukan Karang Taruna yang berada di Kubar. Juga sebagai sarana tukar pendapat dan saling berbagi perkembangan sesama Karang Taruna yang berada di kecamatan maupun kampung. Terutama sebagai contoh bagi seluruh Karang Taruna, agar mendapat pengalaman mengelola perkebunan.



Kebun yang ditanami itu akan diserahkan untuk dikelola Karang Taruna, agar bermanfaat dan bisa dikembangkan. Bisa dikelola maksimal, dan jadi contoh bagi Karang Taruna di kecamatan atau kampung. “Kita harap Karang Taruna bisa melihat peluang dan menambah pengalaman dalam bercocok tanam,” ujar Rinatang.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Barong Tongkok, Yuventius Aben, mengaku sulit untuk mengajak anggotanya berpartisipasi dalam bidang pertanian atau peternakan. “Tapi kalau olahraga, sebentar ngomong sudah kumpul semua. Kami sedang menyusun dan mengajukan program peternakan sapi, rencana membuka bengkel,” katanya seraya berharap bisa selaras dengan Karang Taruna Kabupaten.

Kegiatan ini sekaligus sebagai Proyek Perubahan Peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan II Tahun 2018. Yakni Soviati, yang juga Kepala Seksi Kelembagaan Kepahlawanan Dan Restorasi Sosial pada Dissos Kubar. Acara dihadiri para pejabat Dissos Kubar, Tim Taruna Siaga Bencana, Tim Karang Taruna Kelurahan Barong Tongkok, Karang Taruna Kampung Bangun Sari dan perwakilan kecamatan. #Lilis Sari/Advertorial

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here