Ditujukan Bagi Anak Yatim Piatu, Janda atau Duda, dan Terdampak Covid-19

Pengurus Masjid Nurul Iman di Kampung Sumber Sari, Kecamatan Barong Tongkok, menerima bingkisan dari Manajemen PT Trubaindo Coal Mining dan PT Bharinto Ekatama pada Jumat, 22 Mei 2020. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Wabah Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 entah kapan akan berakhir, belum ada yang tahu pasti. Imbas pandemi yang sedang melanda dunia ini juga dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kutai Barat. Prihatin atas kondisi itu, perusahaan pertambangan batubara PT Trubaindo Coal Mining (TCM) dan PT Bharinto Ekatama (BEK) berbagi berkah. Dua anak Perusahaan dari PT Indo Tambangraya Megah Tbk itu membagikan 700 bingkisan.

Bertepatan dengan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, umat Muslim yang juga terdampak ekonomi akibat Covid-19 menjadi sasaran penerima bingkisan. Melalui Program TCM-BEK Berbagi dengan masyarakat Muslim di sekitar area binaan. Yakni yang masuk wilayah Kecamatan Melak, Kecamatan Damai, Kecamatan Muara Lawa, dan Kecamatan Bentian Besar.



Meski tidak masuk dalam area binaan, sejumlah umat Muslim di Kecamatan Barong Tongkok juga menerima bingkisan. “Kami harap, bingkisan ini bermanfaat dan menjadi berkah untuk masyarakat yang membutuhkan, khususnya pada masa seperti saat ini,” ungkap Hirung, External Manager TCM-BEK mewakili menajemen dua perusahaan tersebut pada Minggu, 24 Mei 2020.

Hirung menjelaskan, 700 bingkisan dibagikan Team External Relation TCM-BEK selama tiga hari, Yakni pada 21-23 Mei 2020. Penyaluran tidak langsung kepada pribadi masyarakat, tapi melalui pengurus masjid dan pondok pesantren.

Ia mengaku memilih menyalurkan lewat masjid dan ponpes agar lebih mudah mendistribusikan bingkisan. Sebab pengurus masjid lebih mengetahui mana umat yang layak menerima bantuan TCM-BEK itu.

Kamis, 21 Mei 2020, Manajemen PT TCM dan PT BEK menyalurkan bingkisan bagi umat Muslim melalui Pengurus Masjid Besar Nurul Muqarrabin di Kampung Muara Lawa, Kecamatan Muara Lawa. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Bingkisan yang dibagikan sebagai berkah Ramadhan dan Idul Fitri itu berisi beragam kebutuhan rumah tangga atau sembilan bahan pokok. Setiap paket bingkisan berisi Beras 5 kilogram, Minyak Goreng 1 liter, Kue Kaleng 1 pcs, Sirup 1 botol, Susu 1 kaleng, Puding 1 sachet, Teh 1 kotak, Gula Pasir 1 kilogram, dan Kopi 600 gram.

Penyaluran bingkisan dilakukan oleh tiga perwakilan. Manajemen TCM diwakili Kristinawati selaku External Relation TCM, Wahyu Firanto Setiono dari Manajemen BEK, dan Tim Social Corporate Responsibility TCM-BEK.

“Secara klasifikasi, kami berharap dapat diserahkan kepada anak-anak yatim piatu, janda atau duda. Termasuk masyarakat yang saat ini sangat terdampak dari kondisi (wabah Covid-19) saat ini,” ujar Hirung.

Berkah Ramadhan dan Idul Fitri juga diterima umat Muslim di Kampung Lambing, Kecamatan Muara Lawa pada Kamis, 21 Mei 2020 dari TCM-BEK Berbagai melalui Masjid Jami Annur Lambing. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Mewakili warganya, Camat Melak HM Japar berterimakasih atas bingkisan dari TCM-BEK. Adanya bantuan itu, warga bisa lebih nyaman dalam merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Bantuan itu juga diakui sangat berarti bagi warga yang memang memerlukannya saat ini. “Kami akan bagikan kepada anak-anak yatim piatu, janda atau duda, dan warga lain yang terdampak wabah Covid-19,” ujarnya.

“Kami sangat berterimakasih kepada TCM dan BEK, juga PT ITM, atas bantuan yang diberikan. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan, memberkahi seluruh manajemen dan seluruh karyawannya,” kata Pengurus Masjid Besar Nurul Muqarrabin di Kampung Muara Lawa, Kecamatan Muara Lawa.

Ustaz Adi sebagai Pengurus Masjid Nurul Iman di Kampung Sumber Sari, Kecamatan Barong Tongkok, mengakui bingkisan yang diberikan sangat membantu. “Semoga  segenap pimpinan, staf, karyawan PT TCM dan BEK senantiasa diberi kesehatan, murah rezeki serta dilindungi Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap langkahnya. Amin,” katanya.



Seluruh Manajemen TCM dan BEK berharap Covid-19 segera berlalu dan masyarakat dapat melaksanakan semua aktivitas kembali seperti sedia kala. Masyarkat diminta tetap mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Jika keluar rumah, diminta tidak lupa menggunakan masker, lebih sering mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin, dan mari berdoa bersama agar kita semua diberikan keselamatan dan kesehatan. Kita pasti bisa,” imbuh Deddy Sugiharto yang juga Kepala Teknik Tambang atau Minehead TCM. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here