Kapolres Kubar Kerahkan 150 Personel Gabungan Untuk Amankan Rekapitulasi

BARONG TONGKOKKABARKUBAR.COM

Isu kecurangan yang terjadi pada penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019 di tingkat nasional, tidak terdapat di wilayah Kabupaten Kutai Barat. Dari dua kubu Calon Presiden dan Wakil Presiden di daerah, mengakui Pemilu 2019 ini berjalan aman tanpa kecurangan. Terbukti belum ada gugatan atau laporan kecurangan dilayangkan kedua kubu ke Badan Pengawas Pemilu maupun Penegakan Hukum Terpadu.

Sejauh ini, hingga tahap rekapitulasi surat suara di Komisi Pemilihan Umum Kubar, masih berjalan lancar. Diperkirakan besok akan selesai dan diputuskan hasilnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kubar,  Ismail Thomas mengakui, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden  maupun Pemilihan Legislatif di Kubar sejauh ini berjalan sangat baik. Selain, aman dan lancar, ia menyebut belum menemukan kecurangan. Mulai dari tahap pemungutan suara pada 17 April lalu hingga penghitungan di tingkat KPU Kubar, semua berjalan sangat baik.

“Pantauan kami di 16 kecamatan yang sudah melaksanakan pleno, tidak ada permasalahan,” ujarnya melalui Aditya, LO DPC PDI Perjuangan Kubar yang juga Pengurus Tim Kampanye Daerah Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin.

Diungkapkannya, jikapun ditemukan sedikit kejanggalan atau lebih tepatnya kekeliruan, tapi sudah dapat dituntaskan pada pleno di tiap Panitia Pemilihan Kecamatan. Situasi di Kubar selama pelaksanaan Pemilu 2019 juga dinilai cukup kondusif. “Saya juga berterimakasih kepada KPU, Bawaslu, Polri dan TNI yang sudah menjaga kegiataan pemilu selama ini. Dan juga kepada semua partai yang terlibat,” ucap Aditya.

Tidak berbeda, kubu Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 02 (Prabowo Subianto-Salahudin Sandiaga Uno) mengapresiasi gelaran Pemilu 2019 yang berjalan lancar, dan aman di Kubar. Hal itu diungkapkan seperti yang Tertius, Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Kubar yang juga Pengurus Badan Pemenangan Daerah Prabowo-Sandi di Kubar.

Ia mengatakan, pleno di Panitia Pemungutan Suara, PPK juga tidak ditemukan kecurangan. Karena semua saksi hadir dan pengawas melakukan tugas sesuai dengan tupoksi yang ada. “Kami juga melihat pengamanan yang dilaksanakan oleh Polri dan TNI sangat maksimal. Baik dari tahap pencoblosan, pengawalan kotak suara dari TPS sampai dengan PPK maupun kembali ke KPU kabupaten, berjalan dengan aman, kondusif,” katanya.

Wakil Bupati Kutai Barat, Edyanto Arkan, berterimakasih kepada Polri maupun TNI yang sudah berpeluh keringat. Bahkan berdarah-darah mengantarkan kotak suara ke kampung-kampung yang tidak dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. “Kami mendengar perjuangan itu tidak mudah. Untuk itu, sekali lagi kami dari Pemerintah Kabupaten Kutai Barat mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas Pemilu 2019 di Kubar yang berjalan dengan aman, damai, dan lancar,” ujarnya.

Kepala Polres Kubar, AKBP I Putu Yuni Setiawan menegaskan telah memberikan pengamanan maksimal pada setiap tahapan Pemilu 2019 di wilayah hukumnya. Begitu pula pada tahap rekapitulasi suara di tingkat KPU yang sedang berjalan.

“Kami mengerahkan 150 personel gabungan, yang terdiri dari anggota Polri sebanyak 120 personel dan 30 personel TNI dari Kodim 0912/Kubar. Untuk kegiatan penghitungan di tingkat KPU Kubar,” katanya.

Dijelaskannya, Pemilu di Kubar saat ini pada tahap penghitungan di tingkat KPU. Hari pertama penghitungan suara, Kamis (2/5/2019) telah menuntaskan rekapitulasi enam kecamatan. Rekapitulasi di 10 kecamatan lainnya ditargetkan tuntas besok, Sabtu (4/5/2019),” pungkas Kapolres Kubar. #Lilis Sari

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here