Tim KNPI Optimis Melaju ke Final Putri

1306_Bupati Cup III di GOR Desnan Sendawar (1)
TIM: Para pemain bola voli dari berbagai daerah, siap bertanding di Bupati Cup III, Kampung Ngenyan Asa Kecamatan Barong Tongkok.    DEESELHA/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – Gelanggang Olahraga Desnan Sendawar tampak ramai, Senin 13/6/2016 sore tadi. Pertandingan Bola Voli Piala Bupati Kutai Barat yang dijadwalkan berakhir Sabtu 18/6/2016 nanti, baru saja dimulai. Bupati Cup III itu, tercatat diikuti 12 tim untuk putra dan 10 tim putri. Tidak main-main, hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 280 juta.

“Sifatnya terbuka, jadi bisa diikuti pemain profesional yang biasa berlagai di PON (Pekan Olahraga Nasional, Pro Liga atau Pemain Nasional,” ungkap Ketua Panitia Bupati Cup III, Rull Riskha Rishandi, dalam sambutan pembukaan kejuaraan.

Dihadapan Bupati Kubar FX Yapan, dia menuturkan, tim yang bertanding telah diundang secara khusus. Sedangkan pertandingan akan digelar siang dan malam untuk memperebutkan piala, piagam dan uang pembinaan. Untuk Putra, Rp 70 juta akan menjadi hak Juara dan Rp 50 juta bagi finalis yang kalah. Juara ketiga akan diberi uang pembinaan senilai Rp 25 juta dan Rp 10 juta tim yang meraih tempat keempat.

Di kelas Putri, besar uang pembinaan berbeda. Juara mendapat Rp 50 juta, kedua Rp 35 juta, Ketiga Rp 25 juta dan terakhir Rp 10 juta. “Pemain terbaik di tim Putra atau Putri akan menerima masing-masing Rp2,5 juta,” kata Rull Riskha.

1306_Bupati Cup III di GOR Desnan Sendawar (2)
MEMBLUDAK: Baru pembukaan saja, penggemar olahraga Bola Voli di Kejuaraan Bola Voli Bupati Cup III yang digelar di Gelanggang Olahraga Desnan Sendawar.    DEESELHA/KABARKUBAR.COM

Ditambahkan Rull Riskha, kejuaraan ini merupakan agenda rutin Pengurus Cabang Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia Kabupaten Kubar. Tujuannya meningkatkan prestasi olahraga untuk generasi muda yang dapat melahirkan atlet-atlet berpretasi. Dan lebih mempererat silaturahmi di antara warga. “Ini juga motivasi bagi pemain dan official, khususnya asal Kubar. Agar nanti siap bertanding dengan pemain berkelas,” katanya.

Kejuaraan kali ini, kata Rull Riskha, merupakan salah satu ajang pemanasan menghadapi Sendawar Open pada November 2016 mendatang. Juga menjelang Pekan Olahraga Kabupaten 2017 dan Pekan Olahraga Provinsi Kaltim tahun 2018.

Bupati Kubar FX Yapan, mengakui Voli belum menjadi salah satu olahraga yang memberikan prestasi signifikan bagi Kubar di kejuaraan antar daerah. Namun ia berharap, para atlet Voli Kubar dan daerah lainnya bisa menjadikan turnamen kali ini sebagai pembelajaran. Agar mampu meningkatkan kemampuan, kualitas diri dan permainan untuk meraih prestasi lebih baik di tingkat lokal maupun luar daerah.

1306_Bupati Cup III di GOR Desnan Sendawar (3)

Kepada pengurus PBVSI, para atlet Voli dan KONI Kubar, Yapan berpesan agar pembinaan olahraga tidak setengah hati. “Jangan hanya bersifat rutinitas musiman belaka, dan untuk bersenang-senang saja. Harus jadi olahraga yang menyehatkan, mampu melahirkan pribadi yang sehat dan berkualitas. Serta mampu menjadi bagian dalam upaya menyukseskan pembangunan,” ujarnya.

Usai resmi dibuka oleh Bupati Kubar, pertandingan pembuka langsung digelar. Di katagori Putri mempertemukan M2C Balikpapan dengan Pasundan Samarinda. Sedangkan Putra, tim Kehutanan Kubar langsung menerima hadiah kemenangan WO (walk out) karena tim Mikasa Kaltim tidak hadir. “Saya optimis tim KNPI akan melaju ke final Putri. Karena pemain kami bermaterikan para pemain yang mengukir prestasi dengan meraih medali emas untuk Kubar di Porprov Kaltim 2014 lalu,” kata Sumardi, Ketua DPD KNPI Kubar.    #Sonny Lee Hutagalung

 

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here