Bupati Minta Ingatkan Suami Kurangi Merokok

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, bersama Komandan Kodim 0912/KBR Letkol Inf Rudi Setiawan, Kabag Sumda Polres Kubar Kompol Teguh Joko, Ketua TP PKK Kubar Yayuk Sri Rahayu, melakukan Senam PHBS di Lapangan Sepakbola Kelurahan Simpang Raya. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Bupati Kutai Barat, FX Yapan, berharap masyarakat membiasakan hidup lebih sehat. Selain dengan berolahraga, juga menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS. Untuk meningkatkan kualitas hidup Indonesia, khususnya Kubar, yakni program kesehatan. Agar tampil generasi berkualitas di masa mendatang.

“Tugas Tim Penggerak PKK meningkatkan kerja sama dan mendedikasikan diri untuk melayani masyarakat dengan mempertahankan dan memotivasi masyarakat. Hingga ke kecamatan dan kampung, dengan mengimplementasikan PHBS,” ujarnya, Senin 30/10/2017 dalam Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK (Kependudukan dan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga Kesehatan Kubar Tahun 2017 di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Simpang Raya.

“Para ibu PKK agar mengimbau para suaminya untuk kurangi merokok, agar angka kematian rendah di usia sekarang,” ucap Yapan disertai canda tawa di acara bertema ‘Budaya Hidup Sehat Dengan Kesadaraan Deteksi Dini Kanker Pada Perempuan Untuk Mewujudkan Keluarga Indonesia Sejahtera’. Serta Mewujudkan Wanita Kutai Barat Sehat Reproduksi Dengan Deteksi Dini Kanker Serviks Dan Kanker Payudara.

Ketua TP PKK Kubar, Yayuk Sri Rahayu Yapan berharap, pencanangan itu bisa memotivasi warga untuk hidup lebih sehat. “Bisa menjadi contoh untuk masyarakat, agar dapat mencegah beragam penyankit kanker sejak dini,” katanya.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana, Sumiati mengatakan, pencanangan itu merupakan upaya meningkatkan keadilan untuk pembangunan. Juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berlaku sehat, dengan Gerakan Keluarga Sehat dan perilaku PHBS. “Bagi abdi masyarakat untum mampu berlaku demokratis, adil dan bermoral tinggi. Serta wajib pelayanan bersih dan profesional, serta jujur dan harus bertanggungjawab, bebas dari korupsi. Wajib membayar pajak dan menjauhi narkoba, demi terwujudnya Kutai Barat lebih baik,” katanya dalam laporan.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, menyerahkan hadiah kepada Pemenang Lomba PHBS Tingkat Kabupaten Kubar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Pencanangan diisi penyerahan hadiah kepada Pemenang Lomba PHBS tingkat Kabupaten Kubar. Juara I diraih Kampung Lotaq Kecamatan Muara Lawa, Juara II Kampung Awai Kecamatan Nyuatan, dan Kampung Penawai Kecamatan Bongan di posisi ke 3. Sedangkan Juara Favorit, jatuh kepada Kampung Penyinggahan Ilir Kecamatan Penyinggahan.

Kegiatan yang diisi juga Senam PHBS, diikuti seluruh intansi di lingkungan Pemkab Kubar. Ada pula pembagian 40 Hadiah Kejutan di lokasi yang menampilkan stan pameran oleh instansi dengan menampilkan buah-buahan, sayuran, ikan, makanan dan pakaian adat.

Acara dihadiri Wakil Bupati Edyanto Arkan dan istri, Sekretaris Kabupaten Kubar Yacob Tullur, sejumlah Anggota DPRD dan para istri. Tampak juga Komandan Kodim 0912/Kubar Letkol Infanteri Rudi Setiawan. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kaltim, Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, dan Dinas Kesehatan. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here