Warga Diminta Pakai Masker dan Hindari Kerumunan Massa

Dua anggota Polsek Long Bagun dan empat anggota Koramil 0912-03 Long Bagun, bersiap melaksanakan kegiatan antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona. REVANDI/KABARKUBAR.COM

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM
Tidak main-main, anggota Kepolisian Resor Kutai Barat terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19. Seluruh anggota di jajaran diperintahkan untuk ikut mewujudkan keamanan masyarakat dalam bidang kesehatan. Seraya menyampaikan Instruksi Presiden RI, Joko Widodo dan Maklumat Kepala Polri, Jenderal Idham Aziz.



Senin, 23 Maret 2020 pagi, Kepolisian Sektor Long Bagun yang berada di kawasan ibukota Kabupaten Mahakam Ulu melakukan kegiatan edukasi kesehatan. Dua bintara dengan didampingi empat anggota Komando Rayon Militer 0912-03 Long Bagun, memberikan pengumuman singkat kepada masyarakat.

Terutama imbauan kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan hidup sehat di dalam keluarga masing-masing. Warga diminta untuk tidak panik dan khawatir terhadap pandemi Covid-19.

“Jangan lupa cuci tangan dengan sabun antiseptik setelah melakukan aktivitas di luar maupun di dalam ruangan. Konsumsi makanan bergizi berupa buah-buahan, sayuran dan banyak minum air putih,” kata Brigadir Polisi Dua Aswin, di tepi jalan depan salah satu toko di Kampung Batoq Kelo, Kecamatan Long Bagun.

Dengan menggunakan pengeras suara, Bripda Aswin mengimbau, agar menghindari kontak fisik secara langsung. Dengan menghindari kerumunan massa atau acara yang mengundang banyak orang. “Jangan lupa memakai masker jika di luar rumah. Jika tidak penting, lebih baik berdiam diri di rumah,” jelas Bripda Aswin.

Bripda Aswin didampingi Bintara Koramil 0912-03 Long Bagun menyampaikan arahan dan anjuran kepada masyarakat di Kampung Batoq Kelo Kecamatan Long Bagun pada Senin, 23 Maret 2020. REVANDI/KABARKUBAR.COM

Siapa saja masyarakat yang merasa ada gejala sakit, diminta segera berobat. Kalau melihat orang atau diri sendiri merasakan sakit batuk, filek, demam, sesak nafas dan nyeri di badan, diminta segera mendatangi Pusat Kesehatan Masyarakat terdekat. “Konsumsi jahe, kunyit atau rempah yang bisa mencegah virus corona,” katanya saat memberi penjelasan di depan salah toko di Kampung Ujoh Bilang.

Masyarakat juga diminta membantu pekerja bidang kesehatan, anggota Polsek dan Koramil untuk ikut mengawasi warga negara asing. Juga warga lokal yang baru datang atau bepergian ke daerah yang terdeteksi ada virus corona.



“Kami ingin seluruh masyarakat dapat terhindar dari Virus Corona. Kegiatan ini juga salah satu perintah pimpinan dalam Maklumat Kapolri, Jenderal Idham Aziz,” ujar Kepala Polsek Long Bagun, Ajun Komisaris Polisi Purwanto. #Revandi

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here