Dilayani 13 Pelajar SMK Kesehatan Budi Bakti Tering

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Kondisi alam yang berganti-ganti cuaca, rawan mendatangkan beragam penyakit bagi masyarakat. Hal itu membuat SMK Kesehatan Budi Bakti Tering mengadakan pemeriksaan kesehatan di Kampung Balok Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Kamis 20/12/2018 pagi tadi. Sebanyak 32 warga yang sempat mendatangi Gedung PKK Kampung Balok Asa, pun mendapat pelayanan dari 13 pelajar dan seorang guru, serta seorang bidan setempat.



Bakti Sosial tersebut adalah kerja sama SMK Kesehatan Budi Bakti Tering dengan Puskesmas Barong Tongkok dan Puskesmas Pembantu Kampung Balok Asa. “Selain untuk membantu masyarakat dalam hal pemeriksaan kesehatan, juga sebagai data awal kami dan PKM Barong Tongkok. Untuk memetakan pasien atau masyarakat yang berisiko tinggi,” ungkap Hans, salah seorang pelaksana Bakti Sosial.

Menurut Ketua Program Studi SMK Budi Bakti Tering, Claudia Hwa, pelayanan kesehatan tersebut ada kaitannya dengan menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Dengan cuaca yang tidak menentu, masyarakat diharapkan tetap menjaga konsidi kesehatannya. “Target kita 70 peserta yang semuanya adalah lansia (lanjut usia). Tapi yang datang hanya 32 orang,” jelasnya kepada KabarKubar.

Diakuinya, minimnya warga datang memeriksakan kesehatannya diduga akibat pelayanan kesehatan diadakan pada hari kerja. Sehingga banyak warga yang sedang bekerja atau sedang beraktifitas. Diharap, kegiatan berikutnya akan diadakan pada hari libur. Agar lebih banyak warga yang bisa hadir memeriksakan diri.

“Yang memeriksakan diri adalah 12 laki-laki dan 20 perempuan. Keluhan dan analisa berupa Hipertensi (di atas 140mmHg) ada 18 orang, Hiperkolesterol (di atas 200) sebanyak 13 orang, dan asam urat tinggi (di atas 6) ada 11 orang,” ungkap Agustina, salah seorang pelajar SMK Budi Bakti yang berlokasi di Jalan Tering Baru RT 3 Kampung Tering Baru, Kecamatan Tering.

Dijelaskan Dian, pelajar Kelas XI yang juga ikut melayani warga, pelayanan kesehatan terdiri dari pemeriksaan Tekanan Darah, Suhu, Nadi dan Pernapasan. Ada juga pemeriksaan tambahan untuk Kolesterol, Gula Darah dan Asam Urat. “Sayangnya sedikit yang datang, padahal kan gratis. Dan ini tidak ada unsur politik,” katanya seraya tertawa, usai memeriksa kesehatan warga di samping Kantor Pemerintah Kampung Balok Asa tersebut.

“Proses periksanya cepat, dan yang periksa juga ramah. Sayangnya tidak langsung dengan pengobatan,” celetuk salah seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya.



“Kami selaku pemerintah kampung sangat mendukung, bersyukur dan berterimakasih dengan diselenggarakannya baksos ini. Warga kami tidak harus pergi jauh hanya untuk memeriksakan kesehatannya. Cukup datang ke kantor kampung, pemeriksaannya gratis dan periksa tambahan terjangkau pula,” ungkap Kepala Kampung (Petinggi) Balok Asa, Susanto. #Sunardi/Yohanes Antonius Mbulu

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here