Tiga Pasangan Calon Mendaftar ke KPU Mahulu

2707_Stanis-Kila (2)

LONG BAGUN – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mahakam Ulu hari ini, Senin (27/7/2015), disibukkan kedatangan tiga pasangan bakal calon yang akan bertarung di Pilkada 9 Desember 2015. Satu pasang dari jalur perseorangan dan dua paslon dengan dukungan partai politik. Uniknya, ketiga paslon mengenakan kemeja berwarna sama, yakni putih dipadu celana panjang kain.

Diawali Stanislaus Liah dan Kila Ulee Herman yang mendaftar dari jalur perseorangan atau independen. Pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Mahakam Ulu ini mendatangi kantor KPU Mahulu di Kampung Long Bagun Ilir RT IV, Kecamatan Long Bagun. Sejak jam 7 pagi, pasangan dengan Mikael Hang Nyuk sebagai Ketua Tim Pemenangan, diiringi 20 lebih pendukung, telah menunggu di depan kantor KPU Mahulu. Stanis-Kila sama-sama mengenakan kemeja tangan panjang berwarna putih. Namun celana panjang kain yang dikenakan keduanya tidak berwarna sama. Stanis dengan warna hitam bernada biru muda dan Kila Ulee dengan warna hitam pekat.

Hingga akhirnya Ketua KPU Kalimantan Timur, Mohammad Taufik dan Sekretaris KPU Mahulu, Surang, mempersilahkan Stanis-Kila dan tim untuk masuk. “Ini pertama kali kami mengadakan Pilkada di Mahulu dan kami masih tahap belajar semua hal. Kalau dinyatakan lolos, tinggal tes kesehatan,” jelas Mohammad Taufik. Usai menyerahkan dokumen yang diisyaratkan ke KPU Mahulu, 4 orang perwakilan tim Stanis-Kila naik ke lantai 2 kantor KPU Mahulu untuk ikut proses verifikasi berkas.

Empat jam kemudian, tepat pukul 12.00 Wita, Paslon yang diusung Partai Gerindra, PDI Perjuangan dan Partai Keadilan Sosial, tiba dengan sekitar 50 orang pendukung. Ketua DPC Gerindra Mahulu Bonifasius Belawan Geh, berpasangan dengan Yohanes Juan Jenau yang juga Ketua DPC PDIP Mahulu. Berjalan kaki sekitar 150 meter dari rumah pribadi Bonifasius, paslon ini dipandu dua orang berpakaian adat lengkap dari suku Dayak Bahau.

Mohammad Taufik, Surang dan Kasubbag Hukum KPU Mahulu N Munandar menerima paslon yang menunjuk Agustinus Ding sebagai Ketua Tim Pemenangan. Setelah menyerahkan dokumen kelengkapan persyaratan, 4 orang wakil tim mengikuti proses verifikasi bersama KPU dan Panwas Kabupaten. Bonifasius dan Juan juga mengenakan kemeja dengan motif yang sama dengan paslon independen yang datang sebelumnya. Tidak beda, Bonifasius memakai celana dengan warna yang hampir sama dengan Stanislaus dan Juan mengenakan celana panjang berwarna sama dengan Kila.

Ruslan-Tingang (1)

Pukul 15.20 Wita, pasangan Muhammad Syafri Ruslan dan Valentinus Tingang mendatangi kantor KPU Mahulu. Pasangan yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat dan Partai Hanura ini diiringi hampir 100 orang pendukung. Dengan kemeja bermotif dan warna yang sama dengan dua paslon sebelumnya, Ruslan-Tingang mengenakan celana berwarna dan motif senada. Berbahan kain dan warna hitam. Sekitar 2 jam, paslon berlatarbelakang Birokrat murni ini meninggalkan kantor KPU Mahulu.

Pendaftaran ketiga pasangan kandidat pemimpin Tanaa Mekaam periode 2016-2021 ini dikawal 12 personel polisi yang dipimpin langsung oleh Kepala Polsek Long Bagun, AKP Ahmad Abdullah. Seluruh proses juga didampingi dua Komisioner Panwaskab Mahulu, yakni Evi Yustina Ligit dan Thomas Ding.    #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here