Selisih suara antara paslon mencapai 17.827 suara

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sehari usai suara pemungutan, Quick Count atau Hitung Cepat memberikan gambaran hasil Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kutai Barat. Hingga pukul 12.30 Wita pada Kamis, 10 Desember 2020, pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan memimpin dengan perolehan suara mencapai 61,1 persen.

“Angka ini didapat berdasarkan data yang masuk dari 388 Tempat Pemungutan Suara. Jadi tinggal dua TPS lagi yang belum masuk datanya. Karena ada 390 TPS se-Kubar,” ungkap Wahyu Firanto Setiono, Ketua Badan Saksi Pemilu Nasional PDI Perjuangan Cabang Kubar.

Wahyu mengungkapkan, total progress atau suara masuk sudah mencapai 99,49 persen. Data diambil berdasarkan C Plano dan C Hasil KWK di 16 kecamatan yang tersebar di 190 kampung dan empat kelurahan.

Sedangkan dua TPS yang belum di-input datanya ada di Kecamatan Mook Manaar Bulatn dan Kecamatan Muara Pahu. Sesuai data yang masuk, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar nomor urut 2, FX Yapan dan Edyanto Arkan, meraih sebanyak 49.055 suara atau 61,1 persen.

Sementara paslon nomor urut 1, Martinus Herman Kenton dan H Abdul Azizs, memeroleh 31.228 suara atau 38,9 persen. Suara tidak sah sebanyak 1.341 suara. Selisih suara antara paslon mencapai 17.827 suara. “Yakan (FX Yapan-Edyanto Arkan) menang di 15 kecamatan, dan satu kecamatan dimenangkan Gerbang MAS (Martinus Herman Kenton-Abdul Azizs),” jelas Wahyu.

Disinggung kecamatan yang memenangkan paslon Gerbang MAS, Wahyu menyebut Kecamatan Linggang Bigung. Namun, selisih suara hanya sebanyak 168. Perolehan Gerbang MAS adalah 3.977 suara dan Yakan 3.669.

“Kita berterimakasih kepada pemilih di seluruh wilayah Kecamatan Nyuatan yang ada 19 TPS. Karena semua TPS memenangkan Yakan dengan perolehan mencapai rata-rata 75 persen,” jelas Yohanes Bosko yang akrab disapa Suleeng, saat memantau TPS di Kampung Sembuan, Kecamatan Nyuatan.

FX Yapan menyampaikan konferensi pers di Lamin Kerebeq pada Kamis, 9 Desember 2020. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Secara pribadi, keluarga dan selaku pasangan calon, FX Yapan berterimakasih setinggi-tingginya kepada masyarakat Kubar yang sudah menggunakan hak suaranya sesuai hati nurani. Demikian juga kepada tim sukses lintas partai, ia memberikan apresiasi yang luar biasa.

“Mudah-mudahan perhitungan cepat ini sama dengan hasil KPU nanti. Terima kasih kepada Srikandi, perjuangan luar biasa para ibu. Tadinya putih-putih kulitnya, sekarang berubah jadi hitam (karena bekerja di lapangan untuk Yakan),” ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi kinerja Sahabat Yakan yang dinilai telah menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Serta tim rohaniawan yang menurutnya bekerja keras dan mendukung dalam doa yang sungguh luar biasa. “Kita juga melihat mereka sangat berperan di dalam Pilkada ini. Terima kasih juga untuk masyarakat semuanya,” kata Yapan.



“Saya minta seluruh Tim Yakan untuk bersabar. Kita menunggu hasil final (Real Count atau Hitung Resmi) dari KPU sebagai pelaksana Pilkada ini. Saya minta, tolong tim Yakan jangan dilayani kalau ada informasi yang menyerang kita. Tidak usah dilayani,” imbuhnya. #Sunardi

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here