Hadir Saat Deklarasi KMB dan Dianggap Sahabat Batak

SAMARINDA – KABARKUBAR.COM
Calon Gubernur Kaltim nomor urut 4, Rusmadi menghadiri buka puasa bersama Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) di Rumah Makan Banjarsari Vorvoo, Sabtu 19/5/2018. Acara buka puasa bersama dihadiri lebih 200 orang. Yang diisi dengan mendengarkan penceramah Drs Usman Hasibuan dan sholat Magrib berjamaah.

“Puasa mengandung hikmah untuk melatih diri hidup sehat. Hidup sehat di sini artinya membiasakan diri senantiasa makan dan minum sesuai ukurannya. Dan, di bulan Ramadhan untuk memperbaiki tubuh,” kata Usman.

Usman juga menyampaikan di bulan Ramadhan, waktunya umat muslim menabung membaca surat Al Fatihah dalam sholat lima waktu. Ditambah sholat Tarawih dan witir serta sholat malam. Ini untuk meminta petunjuk jalan yang diridhoi Allah SWT dan panjatkan doa dijauhkan segala siksa neraka.

Rusmadi yang usai sholat berjamaah bersama-sama masyarakat Batak menyantap makan malam. Tampak keakraban dari masyarakat Batak menyambutnya. Para ibu dan Bapak turut berfoto bersama dengan Rusmadi. Mereka menginginkan dan turut mendoakan agar Rusmadi terpilih Gubernur Kaltim pada 27 Juni 2018.

Ketua KMB Kaltim, Janri Manro Samosir mengatakan, tujuan acara buka puasa bersama ini adalah meningkatkan persatuan dan persaudaraan sesama warga Batak di Kaltim. Khususnya yang menjalani ibadah puasa. “Kehadiran Rusmadi Wongso sebagai sahabat saya dan saudara kita semua. Ketika deklarasi KMB baru-baru ini, beliau hadir dan berarti beliau sudah menjadi saudara kita,” kata Janri saat memberikan sambutan.

Janri Manro Samosir mewanti-wanti bahwa acara buka puasa itu adalah momentum silaturahmi biasa dan tidak perlu dikaitkan dengan politik. “Jangan lah semua dibawa-bawa ke masalah politik. Pak Rusmadi ini dekat dengan warga Batak dan terus terang ya,  di handphone saya ini hanya ada nomor beliau. Sedangkan calon lain tidak ada,” ujar Ketua Umum KMB Kaltim, yang disambut tepuk tangan massa.

Sementara itu, masyarakat Batak di Kaltim menginginkan pemimpin ke depan sebagai gubernur merupakan orang yang bisa mengayomi keragaman masyarakat. Yang multi etnis di Kaltim dan mengetahui persoalan masyarakat. “Sehingga, Gubernur Kaltim ke depan menjadi solusi persoalan Kaltim. Karena, kalau pemimpin tidak tahu masalah Kaltim, maka ia tidak bisa selesaikan masalah. Dan, sosok Rusmadi sangat mengerti masalah Kaltim,” kata salah satu masyarakat Batak Kaltim, Jhonny Wagner Sianipar.

Calon Gubernur Rusmadi menyambut hangat inisiatif warga Batak di Kaltim yang telah mengundangnya hadir dalam acara buka puasa bersama. Ia memahami bagaimana sulitnya sebuah organisasi paguyuban yang diisi oleh anggota yang beragam.

Rusmadi mengapresiasi warga Batak se Kaltim yang bisa bersatu lintas iman dalam rumah besar bernama DPP KMB Kaltim. “Rumah besar ini harus dijaga agar terus bersatu,” ucapnya. Dia mendoakan agar pengurus KMB dan juga ketuanya Janri Manro Samosir diberikan kesehatan dan rezeki untuk bersama-sama membangun Kaltim. #Achmad Yusuf

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here