Ruhut Sitompul Jadi Juru Kampanye Utusan SBY

Empat utusan partai politik membacakan deklarasi dukungan terhadap pasangan Rama Alexander Asia dan Encik Mugnidin sebagai pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat di Pilkada tahun 2006. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Ribuan massa memadati Lapangan Sepakbola Rarakuta, di Barong Tongkok pada Sabtu, 19 November 2005. Mereka ingin menyaksikan deklarasi koalisi empat partai politik yang akan mengusung pasangan Rama Alexander Asia dan H Encik Mugnidin. Keduanya digadang sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat pada Pemilihan Kepala Daerah untuk periode 2006-2011.



Empat parpol tersebut adalah, Partai Demokrat, Partai Pelopor, Partai Demokrasi Kebangsaan dan Partai Damai Sejahtera. Masing-masing pimpinan parpol pengusung Rama-Encik itu bergantian menyampaikan orasinya di panggung panitia. Sebelumnya, pasangan calon terlebih dahulu mendapat ‘pengurapan ‘ dari seorang kepala adat. Sebagai salah satu adat istiadat setempat dalam menyambut tamu.

Karel Waas mewakili Ketua Umum DPP PDS menyatakan, pasangan Rama-Encik telah lulus investigasi sebagai calon sesuai kriteria yang diharuskan partai. PDS berharap dapat memenangkan pasangan yang diusungnya seperti di daerah lain. Diakuinya, PDS telah memenangkan 30 pilkada, yakni dua pemilihan gubernur, 23 pemilihan bupati dan 5 pemilihan walikota.

Lapangan Sepakbola Rarakuta Barong Tongkok tampak padat oleh ribuan massa yang menghadiri deklarasi pasangan Rama-Encik. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Rama-Encik memenuhi syarat partai, yaitu cukup berpengalaman dan berlandaskan takut akan Tuhan. Maka segala keputusan mereka nantinya akan memohon bantuan Tuhan,” tegas Karel dalam orasi.

Selanjutnya, DPP PDK dan DPP PP mengeluarkan pernyataan yang sama dalam orasinya. Sebagai bentuk dukungan kepada duet Rama-Encik yang dinilai sebagai pasangan berkualitas yang sudah teruji dan terbukti membangun Kubar. Sehingga menjadi sebuah  kabupaten baru yang menuju kesejahteraan dalam beberapa langkah ke depan. Menggandeng Encik sebagai calon wakil, ujar Pimpinan PDK, adalah suatu tanda Rama Asia menginginkan perubahan bagi pembangunan Kubar yang lebih maju dan sejahtera.

Mewakili Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Hadi Utomo, Ruhut Sitompul mengajak seluruh komponen masyarakat untuk memberikan dukungan bagi Rama-Encik. Tanpa takut intimidasi ataupun provokasi dari pihak lain pada pada hari pencoblosan, yakni 20 Februari 2006.

Ruhut Sitompul menjadi juru kampanye yang datang atas perintah Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Saya datang ke Kubar ini diutus langsung Presiden SBY sebagai Pendiri Demokrat. Menangnya Rama-Encik bukan kemenangan partai, tapi kemenangan rakyat. Jangan takut partai besar, saya pindah dari partai besar (Golkar) demi rakyat. Jangan coba-coba yang lain, pilih yang sudah terbukti, pilkada kok coba-coba,” katanya.

Ruhut Sitompul yang lebih dikenal sebagai aktor sinetron asal Tanah Batak, dengan rambut kuncir sebagai gaya khasnya, dikenal masyarakat luas. Terutama oleh penampilannya dalam sinetron Gerhana sebagai Poltak si Raja Minyak Dari Medan. Peran itu membakar semangat warga Kubar yang sebagian besar telah menanti kedatangannya sejak pagi hari.

“Tante……pening aku tante…si bulan tante,” teriak Ruhut Sitompul, seorang pengacara handal di sela acara yang dihadiri sekitar 10 ribu massa dari seluruh penjuru Kubar.

Pasangan birokrat murni, Rama Alexander Asia dan Encik Mugnidin bersama istri. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Ketua Tim Sukses Kubar Bersatu, Korrie Layun Rampan sebelum sambutannya menyempatkan diri membacakan sebaris sajak. Yang menunjukkan ungkapan hatinya dan partai bagi pembangunan Kubar melalui pasangan Rama-Encik.

Deklarasi yang berisi janji dukungan bersama keempat parpol berbunyi:

DEKLARASI

  • Kami Koalisi Partai Demokrat, Partai Damai Sejahtera, Partai Pelopor dan Partai Demokrasi Kebangsaan, bersama seluruh masyarakat Kutai barat, menyatakan kami Mengusung pasangan Rama-Encik sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat Periode 2006-2011.
  • Kami mendukung Pilkada aman, damai, tertib, transparan, jujur dan adil yang dilaksanakan KPUD Kutai Barat pada Senin, 20 Februari 2006.
  • Kami menolak semua bentuk anarkisme, premanisme, kampanye hitam, politik uang, janji-janji palsu dan segala bentuk pembodohan masyarakat.
  • Kami mendukung tata cara yang elegan, cerdas, beradab dan cantik sebagai wahana sosialisasi visi dan misi. Yang diaplikasikan di dalam program-program pembangunan untuk mencapai Kutai Barat yang makmur, adil dan sejahtera.



Pasangan ini sudah mengadakan deklarasi di Hotel Grand Victoria, Samarinda pada Minggu, 16 Oktober 2005. Dengan mengundang seluruh perwakilan media massa dan cetak di Kalimantan Timur.

Sebelum pembacaan naskah deklarasi, pasangan Rama-Encik yang didampingi istri masing-masing, juga meminta dukungan langsung masyarakat. Yang datang dari seluruh penjuru Kubar melalui jalur darat dan juga lewat sungai untuk menuju Barong Tongkok. Agar memilih mereka pada pemilihan langsung yang tinggal tiga bulan lagi waktu pelaksanaannya.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Kutai Barat, Sophiandy, berharap semua kandidat dan elemen masyarakat menjaga situasi yang kondusif dalam pelaksanaan Pilkada 2006. Demi nama baik Kubar di kancah politik nasional. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here