DPP PKB Terbitkan 2 SK Bagi Yakan

Pimpinan 10 partai politik mendeklarasikan dukungan kepada pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan pada Jumat, 4 September 2020. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Partai Kebangkitan Bangsa akhirnya menyatakan perubahan sikap politiknya di Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kutai Barat tahun 2020 ini. Kamis, 3 September 2020, DPP PKB menerbitkan surat keputusan dukungan kepada pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan. Meski sebelumnya telah mengeluarkan surat yang sama kepada pasangan lain.

“Partai pendukung ada 10, karena SK PKB baru sampai hari ini. Yang sudah penuhi administrasi baru sembilan,” ungkap FX Yapan saat Deklarasi Pasangan Yakan Jilid 2 di Sekretariat Sahabat Yakan pada Jumat, 4 September 2020.



Saat Deklarasi di Jalan Naras Gunaq RT IV Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok itu, 10 pimpinan partai politik pengusung Yakan Jilid 2 hadir. Termasuk dari Partai Golkar yang sebelumnya disebut tetap mengusung kandidat lain.

Mereka yang adalah:

  1. Ipin (Sekretaris DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kubar)
  2. Ekti Imanuel (Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya Kubar)
  3. H Aula (Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat Kubar)
  4. Paul Vius (Ketua DPC Partai Demokrat Kubar)
  5. Marthinus Usat (Plt Ketua DPD Partai Golkar Kubar)
  6. H Ellyson (Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Kubar)
  7. Agus Sopian (Ketua DPD Partai Nasdem Kubar)
  8. Minarsih (Ketua DPD Partai Persatuan Indonesia Kubar)
  9. H Sopiansyah (Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kubar)
  10. Jamidi (Ketua DPD Partai Gelombang Rakyat Indonesia Kubar)

Tidak hanya pimpinan 10 parpol, para sekretaris dan bendahara serta sejumlah pengurus inti masing-masing parpol juga hadir.

Soal SK DPP PKB tersebut, Ketua DPC PKB Kubar Syachran Eric Lenyoq mengakui surat tersebut masih berbentuk arsip lunak atau soft file dalam format PDF. Namun tidak mengurangi keabsahan surat dalam keperluannya.

Deklarasi Pasangan Yakan Jilid 2 di Sekretariat Sahabat Yakan pada Jumat, 4 September 2020 dihadiri pimpinan parpol pengusung dan pendukung. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Baru terima suratnya tadi subuh, jam 5. Masih dalam bentuk PDF, karena surat tertanggal 3 September 2020, bisa tiga hari baru sampai di Kubar. Ada juga surat yang ditujukan ke KPU Kubar,” katanya saat ditemui di lokasi deklarasi.

SK DPP PKB ada dua. Pertama dengan Nomor: 4063/DPP/01/IX/2020 Tentang Penetapan FX Yapan dan Edyanto Arkan SE sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Barat. Kedua, SK dalam Model B.1 -KWK Parpol dengan Nomor: 4064/DPP/01/IX/2020 Tentang Persetujuan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Semangat masyarakat menghadiri Deklarasi Yakan Jilid 2 di Jalan Naras Gunaq RT IV Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Kedua surat itu ditandatangani di atas materai oleh A Muhaimin Iskandar dan M Hasanuddin Wahid selaku Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal PKB.

“Kami jadi pendukung saja tidak apa-apa. Jangan sampai mengganggu proses administrasi pendaftaran Yakan ke KPU Kubar. Sejak awal memang saya sudah nyatakan dukungan kepada Yakan, dan ternyata DPP PKB juga sepakat,” imbuh Eric Lenyoq.

“Saya tidak naik ke panggung deklarasi, karena harus istirahat. Ada pak Ukon (Sekretaris DPC PKB Kubar, Alimansyah) di sana,” jelas Eric Lenyoq yang tampak berkeringat dan segera duduk di salah satu warung dekat lokasi deklarasi.



Deklarasi dihadiri simpatisan Yakan dari seluruh penjuru Kubar. Meski ramai, setiap orang yang hadir mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Panitia Deklarasi juga terus mengingatkan agar semua yang hadir tetap memakai masker, tidak berjabat tangan dan menjaga jarak.

“Memang ada pemberitahuan untuk membatasi kehadiran disini. Tapi rasanya tidak pas, kalau tidak melihat langsung deklarasi ini,” ungkap Rudi Basri, pendukung Yakan dari Kampung Lambing, Kecamatan Muara Lawa. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here