Seluruh Puskesmas Akan Diakreditasi

Ketua Tim Surveyor Akreditasi dari Kementerian Kesehatan, Sigit Eddie Wijayanto memaparkan tujuan dan cara kerja survei di UPT Puskesmas Melak, Kamis 28/9/2017. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MELAK – KABARKUBAR.COM
Lima Pusat Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Kutai Barat akan dinaikkan kelasnya satu tingkat lebih tinggi. Tujuannya, meningkatkan pelayanan kepada pasien yang mempercayakan penanganan medis kepada Puskesmas. Juga untuk meningkatkan kinerja para medik di Puskesmas setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kubar, Aliman mengatakan, 5 Puskesmas yang akan diakreditasi menjadi awal untuk Puskesmas lainnya di 16 kecamatan. Didahului Unit Pelayanan Teknis Puskesmas Melak, lalu Puskesmas Barong Tongkok, Puskesmas Linggang Bigung, Puskesmas Sekolaq Darat dan Puskesmas Muara Kedang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Barat, Aliman, menyebut 5 Puskesmas akan mendahului untuk diakreditasi. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

“Terkait akreditasi, tim akan melihat fakta apa yang telah dilakukan dan dikerjakan oleh Puskesmas dan standarnya wajib terakreditasi. Semua Puskesmas agar mempersiapkan diri supaya diakreditasi,” ujar Aliman saat membuka Survey Akreditasi UPT Puskesmas Melak, Kamis 28/9/2017.

Tim Surveyor Akreditasi yang datang ke UPT Puskesmas Melak terdiri dari Sigit Eddie Wijayanto selaku Ketua, serta Liliosa Maria T dan dr Kusuma Wijayanti sebagai anggota. Tim memaparkan, ada 4 tipe akreditasi Puskemas. Yaitu, Dasar, Madya, Utama dan Paripurna, yang diberikan sesuai hasil dari survei.

Akreditasi Puskesmas adalah sebuah pengakuaan dari badan independen terhadap perubahan menuju ke arah yang lebih baik dari pelayanan Puskesmas. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2015 Tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi.

Pembukaan Survey Akreditasi UPT Puskesmas Melak, Kamis 28/9/2017, dihadiri para medis di Puskesmas dan sejumlah staf Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Barat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

“Pegawai di Puskesmas Melak ada 40 orang, dan mudah-mudahan dengan adanya akreditasi ini kami bisa melayani lebih baik lagi. Kami siap menerima masukan dari lintas sektoral terkait Puskesmas ini,” ungkap Menurut Kepala UPT Puskesmas Melak, Hj Ena Rosana.

Hadir pagi itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan Diskes Kubar, Markus serta Kepala Seksi pada Bidang Pendidikan Dan Kesehatan, Francen. Dari pihak Puskesmas Melak, ada Kasubbag Tata Usaha Armain, Koordinator Upaya Kesehatan Perorangan  dr Waluyo Dwi Atmodjo Setiobroto, dan Koordinator Upaya Kesehatan Masyarakat dr Sahriani Febrina.

Turut hadir Pembantu Letnan Dua Effendi dari Koramil 0912-12 Melak, Ajun Inspektur Satu M Soleh dari Polsek Melak dan sekitar 50 undangan. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here