Disimpan di Gudang Logistik depan Kantor KPU Mahulu

Surat suara yang diangkut mobil bak terbuka, tiba di Kantor KPU Kabupaten Mahakam Ulu di Jalan Poros Long Bagun RT 04 Kampung Long Bagun Ilir Kecamatan Long Bagun, Selasa 26/2/2019 sore. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM
Surat Suara untuk Pemilihan Umum tahun 2019 di Kabupaten Mahakam Ulu telah tiba, Selasa 26/2/2019 siang kemarin. Ada 211 kotak atau koli yang diangkut empat kapal cepat atau Speedboat lewat jalur Sungai Mahakam. Dikawal tiga personel Polsek Long Bagun dan seorang anggota Polres Kutai Barat. Surat suara itu dikemas dalam kota kardus dan dibalut dengan kantong plastik besar warna kuning.

Logistik Pemilu 2019 milik Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mahakam Ulu itu dikirim perusahaan ekspedisi PT Cabe Raya Nusantara Express Logistik. Dan setelah menempuh waktu sekitar tiga jam dari Pelabuhan Tering di Kubar, tiba di Pelabuhan Kampung Long Bagun Ilir, Kecamatan Long Bagun.



Rinciannya:

  1. Speedboat Dua Saudara, mengangkut 51 koli
  2. Speedboat Noor Istiqomah, berisi 54 koli
  3. Speedboat Ardelvi, mengangkut 54 koli, dan
  4. Speedboat Mimi 01, berisi 52 koli
Karena ada kapal bersandar di Pelabuhan Long Bagun Ilir, surat suara diangkut estafet dari speedboat oleh staf KPU Mahulu.  SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Menurut Kepala Polsek Long Bagun, Inspektur Tingkat Satu Purwanto, sebelumnya surat suara diangkut dari Balikpapan menggunakan truk. Dan lebih dulu diturunkan surat suara milik KPU Kabupaten Kutai Kartanegara. Kemudian tiba di Barong Tongkok dan surat suara milik KPU Kabupaten Kutai Barat diturunkan. “Nah, surat suara untuk KPU Mahulu diturunkan di Pelabuhan Tering, dan kami mengawal di speedboat hingga kesini,” ujarnya melalui Kepala Unit Intelkam Polsek Long Bagun, Ajun Inspektur Tingkat Satu Juan Higang.

Disaksikan Ketua KPU Mahulu, Florianus Nyurang, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu Mahulu, Leonder Awang Ajaat, surat suara kemudian diangkut ke darat oleh buruh pelabuhan setempat. Dengan menggunakan empat kendaraan bak terbuka, surat suara kemudian diangkut menuju Kantor KPU Mahulu di Jalan Poros Long Bagun, RT 04 Kampung Long Bagun Ilir.

Surat suara dalam kardus dan dibungkus plastik kuning, diangkut oleh buruh dari empat speedboat menuju kendaraan yang akan membawa ke Kantor KPU Mahakam Ulu. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Surat suara kemudian dihitung kembali, disaksikan Kapolsek Long Bagun, Ketua Bawaslu Mahulu, dan tiga perwakilan partai politik serta perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Terinci dengan jumlah 12 koli untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Kemudian, ada 48 koli untuk Pemilihan Anggota DPR RI, dan juga 48 koli surat suara Pemilihan Anggota DPD RI. Jumlah yang sama juga terdapat untuk Pemilihan Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur, yakni 48 koli.

Sedangkan untuk Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten Mahulu sebanyak 55 koli yang dibagi tiga kelompok. Yaitu 20 koli surat suara untuk Daerah Pemilihan Mahulu 1, 19 koli untuk Dapil Mahulu 2 dan 16 koli untuk Dapil Mahulu 3.



Logistik Pemilu 2019 itu pun disimpan di Gudang Logistik KPU Mahulu yang berada di seberang jalan Kantor KPU Mahulu. Kemudian dibuatkan Berita Acara Penyerahan Logistik Pemilu 2019 tersebut oleh Anton Didik Prantono dari pihak Ekspedisi kepada KPU Mahulu. Dan diketahui Ketua Bawaslu Mahulu, Kapolsek Long Bagun dan Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Mahulu.

Empat Komisioner KPU Mahulu turut hadir dalam kegiatan tersebut. Yakni, Andreas Arinda, Agustinus Lejiu, Yohanes Jentra, dan Saaludin. Dihadiri juga dua Komisioner Bawaslu Mahulu, yaitu Sukarni Jaya dan Indra Parda Manurung. Tampak juga Sekretaris KPU Mahulu, Ngadino dan Paulus Nugroho sebagai Perwakilan Badan Kesbangpol Mahulu. Terakhir adalah Kadir dan Ilham Roby sebagai Perwakilan Partai Golkar dan Ider dari PDI Perjuangan. #Sonny Lee Hutagalung

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here