Yapan: “Yakan 2 tidak serta merta didukung oleh parpol”

FX Yapan mengakui dukungan partai politik kepadanya dan H Edyanto Arkan tidak serta merta. Tetapi berdasarkan pertimbangan matang, termasuk hasil survei interl. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Setelah vakum selama empat bulan terakhir akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, Sekretariat Pemenangan Sahabat Yakan dibuka kembali. Pembukaan kembali sekretariat di Jalan Naras Gunaq Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok itu, dihadiri massa terbatas. Termasuk perwakilan tujuh partai politik pendukung pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan (Yakan).

Tim Sukses Sahabat Yakan 2 membuka kembali sekretariat berdasarkan Peraturan Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020. Serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah.

“Sesuai tahapan yang ada, dan untuk menunjang kegiatan Timses Sahabat Yakan 2, kita buka kembali operasional sekretariat ini,” kata Rull Riska Risandi, Ketua Timses Sahabat Yakan 2 dalam acara pada Sabtu, 11 Juli 2020.



Tidak hanya Timses Sahabat Yakan dari kecamatan dan kampung-kampung, perwakilan tujuh partai pendukung pasangan Yakan juga hadir. Antara lain, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan oleh FX Yapan sendiri selaku Ketua DPC di Kubar dan Partai Gerakan Indonesia Raya dengan Ekti Imanuel sebagai Ketua DPC.

Kemudian Partai Keadilan Sejahtera dihadiri Ketua DPD Kubar, H Ellyson, dan Partai Hanura dengan Umar selaku Wakil Ketua DPC Bidang Kaderisasi dan Keanggotaan. Partai Perindo dihadiri Minarsih, dan Partai Demokrat.

Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya Kabupaten Kutai Barat, Ekti Imanuel, mengaku Yapan adalah mentornya dalam dunia politik. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Yang menarik, ada tokoh dari dua parpol yang belum diketahui kepastian dukungan kepada Yakan sebagai pasangan petahana. Yakni Partai Nasdem yang diwakili Bendahara DPC DPD Partai Nasdem Kubar, Christin Wulandari, dan Mulyadi Effendi dari Partai Amanat Nasional.

Menurut Stepanus Ujung yang ditunjuk sebagai Kepala Sekretariat, Tim Sahabat Yakan 2 telah terbentuk. Dipimpin Rull Riska Risandi sebagai ketua, Mulyadi Effendi selaku sekretaris dan bendahara dijabat Brill Abraham. Diisi 140 orang di tingkat kabupaten. “Jumlah ini belum final. Karena masih banyak tokoh yang ingin bergabung, dan tentunya akan kita akomodir untuk bergabung,” katanya.

Kepala Sekretariat Sahabat Yakan 2, Stepanus Ujung, menyebut akan dibuka Sekretariat Koalisi Partai. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Dikatakannya, pengusung pasangan calon ini banyak partai. Tentu mesin politiknya pun banyak. Maka satu bulan ke depan, kami akan buka lagi satu sekretariat khusus untuk koalisi partai yang kami beri nama Sekretariat Tim Koalisi Partai,” terang pria akrab disapa Panus ini.

Sebagai kandidat, Yapan menyampaikan terima kasih sebesarnya kepada pimpinan parpol pendukung, dan Tim Sahabat Yakan 2 yang sudah bekerja selama ini. Ia menegaskan, Yakan 2 tidak serta merta didukung oleh parpol. Tapi melalui mekanisme yang ada. “Diantaranya, melalui survei internal partai. Serta presentasi visi dan misi kami dalam membangun Kutai Barat,” tambah pria yang pernah menjabat Ketua DPRD Kubar selama tiga periode ini.



“Beliau ini senior, sekaligus mentor saya dalam berpolitik. Dalam berpolitik ada satu hal yang menjadi kunci, dan ini yang selalu beliau tularkan kepada kami, yakni sabar. Kesabaran sangat penting dalam mendukung kesuksesan kita,” kata Ekti Emanuel.

“Saat ini menurut penilaian kami, satu-satunya Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar yang benar-benar siap, ya Yakan 2 ini . Untuk itu, mari kita bersatu padu menyukseskan Yakan 2 periode,” tutup Politisi yang duduk sebagai Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur.

Sejumlah perwakilan tim dari kecamatan dan kampung mengapresiasi kinerja Yakan yang memimpin Kubar sejak tahun 2016. “Harus Yakan 2 periode, agar bisa lanjutkan rencana pembangunan yang sudah ada,” kata Mul, salah satu Tim Sahabat Yakan yang berasal dari Kecamatan Siluq Ngurai. #Sunardi

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here