Rama Asia: Tidak cukup hanya Spirit Never Die

Klarifikasi KabarKubar kepada Rama Asia melalui pesan aplikasi WhatsApp. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Suhu politik di Tanaa Purai Ngeriman terus naik. Jelang Pilkada Kubar tahun 2020 ini, berbagai kabar mulai berseliweran. Di dunia nyata maupun di dunia maya tidak berbeda. Isu negatif maupun positif menjadi pembahasan hangat di sudut kampung, warung kopi bonafit, hingga ruang perkantoran. Selain figur petahana, FX Yapan, nama Rama Alexander Asia masih jadi perbincangan menarik.

Batalnya Rama Asia mencoba peruntungan di Pilkada Kubar melalui jalur perseorangan atau independen, banyak dipertanyakan. Dari apa penyebab, sampai kemungkinan keputusan sosok yang pernah menjadi Bupati Kutai Barat selama tujuh tahun itu.



Ditanya adanya kabar jika ia akan menjadi juru kampanye bagi salah seorang kandidat di Pilkada Kubar, Rama Asia langsung membantah. Terlebih jika dikaitkan pada salah seorang figur yang menjadi Bakal Calon Bupati Kubar. “Itu benar-benar sebuah berita bohong besar,” jelas Rama Asia kepada KabarKubar dalam pesan melalui WhatsApp.

“Jadi jangan dipercaya, selama itu terlihat sebagai sebuah upaya para kandidat untuk menipu dan memanipulasi dalam hal meraih simpati. Itu tidak baik, selama itu menjual reputasi dan popularitas saya,” tegas Rama Asia.

Soal batalnya mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Kubar dari jalur independen, Rama Asia mengaku ada alasan yang mendasari. Terutama akibat Rama Center sebagai organisasi yang menjadi wadah simpatisan baginya belum mendapat sponsor pendanaan tanpa syarat yang menghimpit.

Ir. Rama Alexader Asia, Bupati Kutai Barat periode 2000-2006. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

“Itu (adanya sponsor) salah satu tanda Tuhan mengizinkan saya ikut mencalonkan nanti. Tanda kedua, tersedianya pengusung baik independen atau partai poitik tanpa syarat yang mengikat. Tanda ketiga, terorganisirnya relawan yang militan tanpa pamrih. Karena saya juga kalau menang, akan bekerja tanpa pamrih untuk masyarakat Kubar,” jelasnya.

Rama Asia telah mengungkapkan fenomena politik selama 15 tahun terakhir. Keadaan yang sama selama tiga kali gelaran Pilkada Kubar. “Tidak cukup hanya Spirit Never Die (semangat yang tidak pernah padam). Tapi harus ada dana dan ada sponsor yang relawan. Tanpa itu akan menyerah kalah lagi,” katanya.

Jika menggunakan parpol sebagai perahu, kata dia, tidak pernah gratis. Di tingkat bawah bisa saja mengutakam pertemanan, tapi di Dewan Pimpinan Pusat yang menentukan. “Semuanya pakai uang, dan saya tidak punya uang. Kalau pun ada sponsor yang menanggung, itu akan menjadi hutang. Selesai pilkada, menang atau kalah kita, pasti sponsor itu menagih,” pungkas Rama Asia.



Berkaca dari tiga Pilkada Kubar sebelumnya, Rama Asia mencatat raihan yang terbilang memuaskan. Berikut hasil lengkap tiga Pilkada Kubar sebelumnya:

Pilkada Kubar 2015

Nomor Urut Nama Pasangan Pengusung Perolehan Suara % Total
1 Ir. Rama Alexander Asia

Drs. Mohammad Djaelani, MM

Demokrat (2), Gerindra (2) dan Golkar (1) 21.154 25,48% 83.010
2 FX Yapan, SH

H. Edyanto Arkan, S.Sos

PDIP (14), PAN (2), PKB (2), Hanura (1) dan PKS (1) 34.038 41,00%
3 Drs. Abed Nego

Syaparudin, S.Sos

Independen 27.145 32,70%
4 Drs. Amantius Ugau, SE, MM

Muri

Independen 673 0,81%

 

Pilkada Kubar 2011

Nomor Urut Nama Pasangan Pengusung Perolehan Suara % Total
1 Ir. Kornelius Sinyal

Agus Sopian, SE, M.Kes

Independen 541 0,60% 89.605

 

2 Ismail Thomas, SH, M.Si

H. Didik Effendi, S.Sos, M.Si

PDIP, PAN, Demokrat 40.592 45,30%
3 H.M. Zainuddin Thaib, SE

Markulius Mahing, SE

Golkar dan Gerindra 12.209 13,63%
4 Ir. Rama Alexander Asia

H. Abdul Azizs, SE, MM

  36.263 40,47%

 

Pilkada Kubar 2006

Nomor Urut Nama Pasangan Pengusung Perolehan Suara % Total
1 Drs. Agustinus Markus

Hermain D, BA

Patriot, PPP, PKPI, PKPB, PNIM, PPDI, PNBK, PBSD, PSI, PKB, dan PSI 10.198 12,67% 80.512
2 Ir. Rama Alexander Asia

Drs. H. Encik Mugnidin

PDS, Demokrat, Pelopor dan PPDK 22.849 28,37%
3 Ismail Thomas, SH

H. Didik Effendi, S.Sos

PDIP dan PAN 27.668 34,39%
4 H. Abdul Azizs, SE

Drs. Amon Nereng

Golkar 19.797 24,58%

 

Hasil ini dikumpulkan KabarKubar dari berbagai sumber. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here