Pembinaan Atlet Kelompok Umur, Sertifikasi Pelatih dan Wasit

Ekti Imanuel menerima bola voli dari Ketua Umum Pengurus Pusat PBVSI, Imam Sudjarwo, sebagai simbol harapan untuk memajukan cabang olahraga Bola Voli di Kaltim. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

SAMARINDA – KABARKUBAR.COM

Resmi dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI Kalimantan Timur, Ekti Imanuel diharap mampu mencetak prestasi terbaik. Terlebih bola voli masih menjadi olahraga paling digemari kedua oleh publik Nusantara. Sejumlah hal menjadi target capaian dalam kepemimpinan di masa bakti empat tahun ke depan.



Dijelaskan Ekti Imanuel, sebagai nakhoda baru, ia siap menjalankan amanah untuk meraih prestasi lebih baik bagi bola voli Kaltim. “Mandat ini adalah amanah yang akan saya jalankan sebaik-baiknya. Semoga kami pengurus yang baru dilantik bisa bekerja keras untuk meningkatkan prestasi olahraga bola voli di Kaltim,” katanya saat Pelantikan Pengurus Provinsi PBVSI Kalimantan Timur untuk masa bakti 2019-2023 pada Senin, 16 Desember 2019 malam tadi.

Diisi sebanyak 102 orang, Pengprov PBVSI Kaltim diharap akan menelurkan banyak ide atau pemikiran untuk memajukan bola voli di Kaltim. Terutama di sektor pembinaan atlet yang dinilai penting dalam peningkatan sumber daya manusia di bidang olahraga. Agar cabang olahraga Voli Indoor dan Voli Pantai bisa meraih prestasi, peningkatan SDM atlet, wasit dan pelatih jadi agenda ke depan.

“Kami siap selalu menggelar kejuaraan pada Kelompok Umur, untuk mencari atau membina para atlet lokal Kaltim. Untuk peningkatan SDM di bidang Wasit dan Pelatih, paling tidak setiap tahun akan ada kursus kepelatihan dan wasit sesuai bidangnya,” ungkap Ekti Imanuel di acara yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim, Andi Harun.

Ekti Imanuel menjelaskan kepada wargawan terkait target kepemimpinannya di PBVSI Kaltim untuk empat tahun ke depan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Pria yang juga Anggota DPRD Provinsi Kaltim dari Partai Gerakan Indonesia Raya ini melanjutkan, bakat-bakat atlet bola voli di Kaltim akan dimunculkan. Tidak hanya lewat ajang pertandingan antar kampung, antar kecamatan maupun kabupaten. Tapi juga di lingkungan sekolah, dengan melengkapi atau meningkatkan kualitas pelatih dan wasitnya.

Hal ini sekaligus menjawab aspirasi dari Munawar, seorang Pelatih dan Wasit yang menginginkan tetap ada pembinaan atlet di lingkungan sekolah. Munawar adalah Ayah dari Nizar Zulfikar, pemain nasional yang kini bermain sebagai Tosser di Klub Surabaya Bhayangkara Samator.

“Silahkan koordinasi langsung dengan saya pak, langsung bisa lewat telepon. Kita harus buat sertifikasi kepelatihan dan penjurian untuk even-even di tingkat sekolah,” ujar Ekti Imanuel kepada Munawar, dalam perbincangan bersama sejumlah pelatih dan wasit senior, tadi malam.

Pelantikan Pengurus Provinsi PBVSI Kalimantan Timur untuk masa bakti 2019-2023 pada Senin, 16 Desember 2019 di Hotel Mesra International. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Ditambahkan Ekti Imanuel yang pernah menjabat Ketua Umum KONI Kabupaten Kutai Barat selama dua periode, siap bersinergi dengan KONI Kaltim. Agar pembinaaan olahraga, khususnya Bola Voli dapat lebih maju. “Saya berterimakasih atas kerja sama yang baik selama ini dengan KONI Kaltim dan juga kepada Pemerintah Provinsi Kaltim. Tanpa dukungannya, perkembangan olahraga di Benua Etam akan sangat berat,” pungkas pria asal Kabupaten Kutai Barat ini.

Pesan dari Ketua Umum Pengurus Pusat PBVSI, Imam Sudjarwo, agar prestasi voli di bawah kepemimpinan Ekti Imanuel bisa jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Ia meminta program yang dibuat wajar atau tidak muluk-muluk. Asalkan bisa dilaksanakan, agar pembinaan atlet bisa terus berjalan dan berprestasi.

“Mimpi saya, ada klub pro liga dari Pulau Kalimantan. Sebab sampai saat ini belum ada, dan hampir semua klub Proliga masih dari Pulau Jawa,” kata Imam Sudjarwo, saat memberi arahan pelantikan di Ruang Melati, Hotel Mesra Internasional, Kota Samarinda.



Hadir dalam pelantikan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, HM Syirajuddin. Ada juga Kepala Jasmani Militer Korem 091/Aji Surya Natakesuma, Kapten Infanteri Mangiring Tua Sidabariba dan AKP Sekar Wijayanti selaku Kepala Unit PPA Satreskrim Polresta Samarinda yang juga Pengurus KONI Kaltim. #Sonny Lee Hutagalung

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here