Ekti Imanuel dan Haji Acong Jadi Pembicaraan

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kutai Barat, FX Yapan, dinilai menjadi kandidat terkuat untuk bertarung di Pilkada Kubar, dengan posisinya sebagai Bupati Kutai Barat saat ini. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Kutai Barat tahun 2020 diperkirakan akan memunculkan tiga pasangan calon. Dua nama diyakini akan mengisi surat suara yang akan dipilih masyarakat pada tanggal 23 September 2020 mendatang. Satu nama lainnya akan menjadi ‘Kuda Hitam’, yang dinilai bisa meraup keuntungan dari pertarungan dua kandidat lainnya.

Meski selama tiga tahun belakangan mengaku tidak akan maju lagi di Pilkada Kubar, FX Yapan disebut menjadi salah satu kandidat. Ia dipastikan sebagai kandidat terkuat dengan posisi sebagai Bupati Kutai Barat saat ini, alias petahana. “Ada pak Yapan sebagai kader terbaik partai di Kubar. Tapi semua tergantung pada keputusan DPP (Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan),” ungkap Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Timur, Veridiana Huraq Wang.

Sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kubar, FX Yapan memang digadang sejumlah tokoh untuk maju di pertarungan pesta demokrasi mendatang. Untuk melanjutkan sejumlah program dan capaian yang telah dilaksanakan sejak dilantik sebagai Bupati Kubar pada Selasa 19 April 2016 lalu. “Kita ingin visi Hari Esok Lebih Baik Daripada Hari Ini lebih mantap. Agar capaian baik selama empat tahun ini bisa ditingkatkan oleh bapak bupati,” kata Wahyu Firanto Setiono, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kubar, Kamis 6/9/2019.



Diakui Wahyu, antusiasme para tokoh masyarakat Kubar sudah tampak sejak dua tahun belakangan hingga September 2019 ini. Bahkan sudah ada pernyataan atau deklarasi figur yang menyatakan siap mengemban tugas dan amanah masyarakat untuk memimpin Kubar. Yapan sendiri akan maju dengan menawarkan sejumlah program baru, seraya melanjutkan program pemerintahan yang berjalan saat ini. “Untuk saat ini, relawan dan simpatisan memang menginginkan tetap mengusung pasangan YAKAN (FX Yapan – H Edyanto Arkan di 2020,” katanya.

Menurutnya, kehadiran para kompetitor atau pesaing di Pilkada Kubar 2020 disambut baik pihak YAKAN. Makin banyak kompetitor, dinilai baik sebagai ragam pilihan bagi masyarakat. Khusus dari PDI Perjuangan, berharap setiap tokoh menahan diri menyebarkan isu atau berita bohong yang tidak terkonfirmasi jelas dalam Pra Pilkada ini. “Supaya kompetisi nantinya tentu membahas program, track record (latarbelakang), dan inovasi baru untuk membangun Kubar ke arah lebih baik,” tegasnya.

Pesan khusus kepada para awak media massa, agar menjunjung tinggi etika pers dengan penulisan yang baik dalam membuat sebuah berita. “Kita minta teman-teman media membuat berita yang fair dan terkonfirmasi. Agar media sebagai pilar demokrasi yang bisa memberikan informasi menyejukkan dan masyarakat bisa memilih yang terbaik dari terbaik,” pungkas Wahyu Firanto.

Rama Alexander Asia diyakini para pengamat politik akan menjadi kompetitor bagi FX Yapan di Pilkada Kubar tahun 2020 mendatang. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Figur kedua yang diyakini bakal kembali tampil di panggung politik Pilkada Kubar, adalah Rama Alexander Asia. Pernah menjabat Bupati Kubar selama tujuh tahun, Rama Asia dielu-elukan untuk kembali menduduki kursi orang nomor satu di Tanaa Purai Ngeriman. Ia pun tegas menyatakan siap untuk bertarung di Pilkada Kubar tahun 2020. Alasan utama Rama, untuk percepatan pembangunan Kubar yang semestinya lebih berkembang, jika melihat dari usia daerah otonomi yang sudah 19 tahun.

“Kalau saya melihat aspirasi masyarakat Kubar yang ditunjukkan sampai saat ini, maka saya tergerak hati ingin mempersiapkan diri untuk bisa mengisi kepemimpinan. Bagi pembangunan Kubar yang lebih cepat pada lima tahun yang akan datang, di periode 2020-2025,” ujarnya pekan lalu kepada KabarKubar.

H Ahmad Syaiful alias Haji Acong, diperkirakan menjadi Kuda Hitam dalam Pilkada Kubar tahun 2020 mendatang. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Pernyataan Rama Asia itu menjadi suntikan semangat bagi Tim Bersatu Mewujudkan Harapan Masyarakat Kutai Barat. Tim yang dinamai Rama Center, sebelumnya menyampaikan aspirasi yang ditampung dari warga Kubar selama tiga tahun belakangan. Terbaru, dukungan masyarakat agar Rama Asia dapat naik ke panggung politik di Pilkada Kubar 2020, dengan pengumpulan salinan KTP Elektronik.

“Kami berharap Pak Rama mau mewujudkan harapan atau aspirasi yang diajukan melalui Rama Center. Yakni mewujudkan masyarakat Kubar dalam percepatan pembangunan dan ekonomi, Soal pasangan beliau nanti, masih terus digodok di internal,” kata Ketua Rama Center, Elvin Eriadam.




Tampil mengejutkan dengan perolehan suara terbanyak dari 261 calon anggota DPRD Kubar pada Pemilu 2019 tadi, nama H Ahmad Syaiful mengemuka. Meraih 6.013 suara, Politisi Partai Golkar yang akrab disapa Haji Acong ini unggul dari dua Politisi PDI Perjuangan. Yakni Potit dengan 2.828 suara dan Ridwai yang mendapat suara sebanyak 2.586. “Saya siap maju sebagai Calon Bupati Kubar di Pilkada tahun depan,” kata Haji Acong kepada KabarKubar dalam beberapa kesempatan.

Ekti Imanuel yang juga Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya Kabupaten Kutai Barat, juga disebut-sebut sebagai Kuda Hitam di Pilkada Kubar 2020. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Tidak hanya di internal Partai Golkar, banyak tokoh yang notabene kader partai politik berbeda, menyebut Haji Acong bakal menjadi ‘Kuda Hitam’ di Pilkada Kubar 2020. Atau seseorang yang tadinya tidak diperhitungkan, justru akan menjadi pemenang. Selain punya elektabilitas tinggi, adik dari Ketua DPD Partai Golkar Kubar itu dinilai punya banyak potensi untuk tampil sebagai kandidat kuat.

Juga disebut sebagai ‘Kuda Hitam’, Ekti Imanuel mengaku belum akan tampil di pentas politik tertinggi di Kubar. Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya Kubar ini memberikan kesempatan kepada para seniornya bertarung dan memimpin Kubar untuk lima tahun ke depan. “Saya persiapkan diri lebih matang lagi, dan periode berikutnya (Pilkada Kubar 2025) saya pastikan maju,” katanya, seraya menyatakan komitmen untuk menjadi saluran aspirasi masyarakat Kubar dan Kabupaten Mahakam Ulu yang diwakilinya di Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Timur. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here