Eliana: “Bagikan Door To Door”

Pertemuan Dinas Sosial, Inspektorat dan Pemerintah Kecamatan Muara Pahu pada Rabu. 6 Mei 2020, menegaskan mekanisme dan syarat distribusi beras bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MUARA PAHU – KABARKUBAR.COM
Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Corona Virus Diseace atau Covid 19 di Kecamatan Muara Pahu. Bantuan berupa beras sebanyak 6.700 kilogram dalam 670 sak. Masing-masing sak berisi 10 kilogram, akan dibagikan untuk setiap kepala keluarga yang diminta dibagi tiga kategori.

Soal pembagian beras, Auditor Inspektorat Kubar mewajibkan pihak Pemerintah Kecamatan Muara Pahu maupun pemerintah kampung untuk menyeleksi dengan baik. Agar tidak terjadi tumpang tindih data warga yang layak menerima bantuan.

“Jika ada orang kaya minta bantuan, maka buatlah plang atau spanduk sebagai warga miskin,” tegas Muji Hamrin dan Rimbun Siallagan. Kedua Auditor Inspektorat Kubar hadir di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Muara Pahu pada Rabu, 6 Mei 2020.



Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial pada Dissos Kubar, M Eliana menegaskan, seluruh Petinggi agar memberikan beras langsung kepada warga. Dengan cara mendatangi dari rumah ke rumah bersama RT. Agar tidak ada terjadi kerumunan, serta tetap menjaga jarak.

“Bagikan door to door dan wajib sebanyak 10 kilogram tiap KK. Jika ada yang kurang, wajib dilaporkan ke Dinas Sosial,” katanya usai penyerahan secara simbolis kepada Camat Muara Pahu, Suhamdi.

Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial pada Dinas Sosial Kubar, M Eliana, menyerahkan bantuan beras secara simbolis kepada Camat Muara Pahu, Suhamdi. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Eliana menjelaskan, bantuan itu adalah bagian dari 140 ton beras yang didistribusikan oleh Pemkab Kubar ke 16 kecamatan. Nanti juga didistribusikan beras untuk Kecamatan Mook Manaar Bulatn. “Ini terakhir, karena kecamatan lain sudah selesai distribusi berasnya,” kata wanita yang akrab disapa Eli dan berasal dari Kampung Ombau Asa, Kecamatan Barong Tongkok.

Pelaksana Tugas Kasi Rehabilitas Sosial, Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang pada Dissos Kubar, Rudi Hartono, berpesan agar bantuan ini tepat sasaran. “Buatlah tiga kriteria. Yaitu kategori miskin, rentan miskin, dan sangat miskin. Maka sasaran akan tepat,” paparnya dalam rapat yang dihadiri Komandan Koramil 0912-05 Muara Pahu, Kapten Arm Sutrisno dan Kepala Polsek Muara Pahu, AKP Jumali. Hadir pula para Petinggi di wilayah Kecamatan Muara Pahu.

Menanggapinya, Suhamdi meminta para Petinggi untuk memberi pemahaman kepada warganya. Agar penerima bantuan adalah keluarga yang benar-benar minim pendapatan. Penyerahan beras juga segera, tidak ditunda. “Bila perlu, makin cepat makin baik, dan dilaporkan segera,” pintanya.



“Terima kasih kepada Pemkab Kubar yang telah membantu masyarakat kami. Semoga wabah Covid-19 ini segera  berlalu,” harapnya.

Untuk diketahui, Pemkab Kubar memberikan bantuan 140 ton beras bagi masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 lewat Program Bantuan Sosial dari APBD tahun anggaran 2020. Bantuan dimaksudkan membantu keluarga prasejahtera di Kubar. Pola distribusinya melalui para camat kepada lurah, Petinggi dan RT.

“Bantuan pemerintah ini hanya meringankan, bukan mencukupi kebutuhan masyarakat,” kata Bupati Kubar, FX Yapan saat penyerahan bantuan beras secara simbolis di BPU Kecamatan Barong Tongkok pada Rabu, 29 April 2020 sore. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here