Wujud Peduli Sekaligus Ringankan Beban Pemerintah Kampung

Martinus Herman Kenton langsung mendatangi warga Kampung Muara Batuq, Kecamatan Mook Manaar Bulatn yang sedang beraktivitas di rumahnya. DARSONO/KABARKUBAR.COM

MOOK MANAAR BULATN – KABARKUBAR.COM
Martinus Herman Kenton menyempatkan berkunjung ke tiga kampung di Kecamatan Mook Manaar Bulatn pada Kamis, 4 Juni 2020. Pengusaha muda ini langsung mendatangi warga dari rumah ke rumah, membagikan kain penutup hidung dan mulut atau masker. Sebanyak 600 lembar masker dibagikan sebagai wujud kepedulian untuk kesehatan masyarakat.



Sehari sebelumnya, Martinus yang akrab disapa Nus Kenton ini juga membagikan masker di seputaran Kelurahan Melak Ilir. Masyarakat yang sedang berkendara dan tidak memakai masker, dihentikan dan dibagikan masker. Begitu juga yang sedang duduk di warung, di teras rumah, juga diberikan masker.

Dimulai dari Kampung Karangan, ratusan lembar masker jenis Sensi Surgical Disposable Face Mask 3Ply Earloop dibagikan ke warga. “Wabah Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) ini belum ada yang tahu kapan berlalu. Apa yang bisa kita lakukan, meski sekecil apapun untuk membantu masyarakat, itu yang penting,” kata Nus Kenton.

Warga Kelurahan Melak Ilir di Kecamatan Melak, juga mendapatkan bantuan masker dari Martinus Herman Kenton pada Rabu, 3 Juni 2020. DARSONO/KABARKUBAR.COM

“Pooh, ndak pikir segala ada bantuan dari pak Nus Kenton. Memang perlu juga masker, biar kami jauh dari kota,” ungkap Alen dan Mira, warga Kampung Karangan yang ikut menerima masker di siang hari itu.

Nus Kenton kemudian menuju Kampung Jengan. Ia didampingi Benediktus Edi Tingang, yang juga Ketua Partai Persatuan Indonesia Kabupaten Mahakam Ulu. Di kampung ini, ia pun langsung mendatangi rumah warga untuk membagikan masker.

Keceriaan warga Kampung Karangan yang mendapat bantuan masker dari Nus Kenton pada Kamis. 4 Juni 2020. DARSONO/KABARKUBAR.COM

Diakui Nus Kenton yang juga Bakal Calon Bupati Kutai Barat periode 2021-2024, kesadaran menggunakan masker pada warga kampung sudah cukup baik. Namun, kebutuhan masker masih tinggi. Sebab jika hanya berharap masker yang dibagikan pemerintah kampung setempat dari Dana Desa, tidak akan cukup.

Tidak mengumpulkan massa, Nus Kenton mendatangi langsung warga Kampung Muara Batuq ke rumah dan ladangnya untuk membagikan masker. DARSONO/KABARKUBAR.COM

“Apa yang kita berikan, sedikit banyak mengurangi beban pemerintah kampung untuk menjaga kesehatan warganya. Ini bukan agenda politik, tapi bentuk rasa prihatin. Jangan dilihat sebagai momen politik ya,” katanya kepada KabarKubar.

Dari Kampung Jengan, Nus Kenton bergerak ke Kampung Muara Batuq. Hal sama dilakukannya, hingga menjangkau warga di Uping, kawasan pertambangan emas secara tradisional. Uping masuk wilayah RT III Kampung Muara Batuq.



“Terima kasih. Lumayan ada tambahan masker buat keluarga,” ujar Monika Asyati, warga Muara Batuq yang bertemu dengan Nus Kenton di jalan kampung itu. #Darsono

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here