16 Parpol Peserta Pemiu 2019 Sampaikan Orasi Politik

Ketua KPU Kubar FX Irianto, bersama Ketua Panwaslu Kubar Muhtar Kusuma Atmaja, melepaskan balon ke udara, Sabtu 21/4/2018 di Alun-alun Itho, Perkantoran Pemkab Kubar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Komisi Pemilihan Umu Kabupaten Kutai Barat menampilkan beragam seni dan budaya daerah, Sabtu 21/4/2018 di Alun-alun Itho, Kompleks Perkantoran Pemkab Kutai Barat.

Pagelaran Seni dan Budaya Membangun Pemilih Berdaulat Menyongsong Satu Tahun Pemilu Serentak tahun 2019, menghadirkan 16 partai politik peserta Pemilu 2019. Tujuannya, memotivasi dan menumbuhkembangkan minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu serentak tahun 2019.

Dikatakan Ketua KPU Kubar, FX Irianto, kegiatan ini salah satu cara melestarikan seni dan budaya daerah sendiri. Agar lebih mencintai seni dan budaya sendiri. “Sebab melalui seni dan budaya inilah kita ada, dan bisa menunjukkan jati diri atau identitas kita yang sesungguhnya,” ujarnya dalam sambutan pada acara yang juga memamerkan kerajinan khas Kubar.

Para kader dan simpatisan 16 partai politik yang menjadi Peserta Pemilu Serentak Tahun 2019, mengikuti Pagelaran Seni dan Budaya yang digagas KPU Kubar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Irianto menjelaskan ada 16 partai politik yang telah disahkan menjadi peserta, Pemilu 2019 nanti. Yakni;

  1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
  3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
  4. Partai Golkar
  5. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
  6. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda)
  7. Partai Beringin Karya (Berkarya)
  8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  9. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
  10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  11. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
  12. Partai Amanat Nsonal (PAN)
  13. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
  14. Partai Demokrat
  15. Partai Bulan Bintang (PBB)
  16. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)

“Datanglah ke TPS (Tempat Pemungutan Suara). Salurkan aspirasi secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, demi Indonesia damai dan sejahtera,” ungkap Irianto.

Tarian daerah khas Kabupaten Kutai Barat ditampilkan dalam Pagelaran Seni dan Budaya Membangun Pemilih Berdaulat Menyongsong Satu Tahun Pemilu Serentak tahun 2019. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Bupati Kubar FX Yapan berpesan, Pemilu merupakan pesta demokrasi sebagaimana tertera dalam Undang-undang. Yang sudah mempunyai hak pilih diharap dapat berpartisipasi. Soal seni dan budaya ditampilkan, diharap menjdi salah satu media untuk mewujudkan pemilukada yang sukses. Juga jadi media edukasi atau pembelajaran politik bagi masyarakat.

“Kegiatan merupakan langkah awal untuk menciptakan sinergitas politik,” ujarnya melalui sambutan yang dibacakan Pelaksana Tugas Asisten I, Misran Efendi. Sekaligus membuka Pembukaan pagelaran seni dan budaya yang ditandai pemukulan gong, pelepasan balon dan burung dara ke udara.

Acara ini diisi dengan orasi dari 16 parpol, tanpa penekanan kampanye selama 7 menit tiap parpol. Sejumlah tamu undangan dari berbagai instansi dan lembaga mengikuti acara. Antara lain, seluruh Komisioner dan Staf KPU Kubar, dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kubar Muhtar Kusuma Atmaja.

Hadir pula Kepala Staf Kodim 0912/KBR Mayor Infanteri Wahyudi, Kepala Bagian Operasional Polres Kubar Kompol Sarman, para Pimpinan 16 di Kubar, serta Perwakilan PPK dan PPS se-Kubar. #Kelvin Nurdin

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here