Perlancar Akses Transaksi Ekonomi

 

JAKARTA – KABARKUBAR.COM
Calon Gubernur Kaltim nomor urut 4, Rusmadi, akan prioritaskan perbaikan infrastruktur jalan di Kaltim. Agar masyarakat semakin mudah mendapatkan barang dengan cepat dan harganya murah, sehingga inflasi (kenaikan harga) bisa terkendali.

“Faktor infrastruktur jalan, sangat penting. Bagaimana masyarakat dengan waktu cepat memperoleh barang dengan harga murah, kalau jalan tidak kita perbaiki,” jelas Rusmadi menanggapi pertanyaan Syaharie Jaang seputar bagaimana pengendalian inflasi, di Debat Publik Pilgub Kaltim Metro TV, Rabu 25/4/2018.

Rusmadi mengakui kondisi geografis Kaltim yang sangat luas, dengan daratan 16,5 juta hektar dan laut 12 juta hektar, menjadi permasalahan yang dihadapi ketika berbicara pengendalian inflasi.

Selain perbaikan jalan, Rusmadi juga akan mendorong agar kebutuhan pokok seperti sembako, beras dan cabe bisa diproduksi sendiri di Kaltim untuk mengendalikan inflasi. “Karena selama ini beras dan cabe didatangkan dari luar (Kaltim),” katanya.

Mendapat jawaban Rusmadi ini, Jaang tanpa beri tanggapan dengan kembali bertanya apa yang harus dilakukan Rusmadi ketika cabe penyebab inflasi yang tinggi di Kaltim.

Rusmadi pun menjawab. “Lahan pertanian di Kaltim ini luas. Agro ekologinya cukup memadai untuk mengembangkan cabe. Ini perlu didorong untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dan ibu-ibu juga harus didorong seperti kelompok PKK menanam cabe, yang penting ada kemauan. Kita mulai saja dari rumah tangga,” katanya.

Karena menurut Rusmadi, ketika cabe langka, akibatnya sangat fatal karena menyumbang inflasi yang sangat tinggi dan menyusahkan masyarakat. #Achmad Yusuf

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here